Youtube Offline, Sebuah ‘Kado Spesial’ Untuk Indonesia

Youtube

Selama ini, untuk menikmati video-video di Youtube, kita harus senantiasa terhubung dengan Internet. Namun mulai sekarang, hal tersebut akan berubah, terutama untuk para penikmat video-video Youtube di tanah air. Baru-baru ini, Youtube mengumumkan kalau dalam update terbaru mereka untuk aplikasi Youtube di Android, akan dimasukkan fitur Playback secara Offline. Uniknya, fitur ini hanya bisa dinikmati secara spesial oleh pengguna Youtube di Android yang berada di India, Filipina, dan Indonesia.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Youtube Offline?

Walaupun tidak semua video yang berada di Youtube akan bisa diakses dengan fitur tersebut, namun ‘hadiah spesial’ ini cukup membuat iri para pengguna Youtube di negara-negara lain. Nantinya, akan ada tanda khusus pada video-video yang mendukung fitur tersebut. Kita hanya perlu menekan tanda tersebut untuk memilih kualitas video yang kita inginkan. Youtube kemudian akan menyimpan video tersebut di device kita, untuk kemudian bisa kita putar ulang sekalipun kita sedang tidak terkoneksi dengan internet. Namun, khusus ketika membuka dan menyimpan video tersebut, kita masih harus terhubung dengan internet.

Youtube Offline

Video tersebut juga tidak akan bertahan selamanya. Setelah 48 jam, video tersebut akan hilang, dan kita harus terkoneksi dengan internet untuk bisa menontonnya kembali. Ketika anda kembali terhubung dengan internet, Youtube juga akan melakukan proses Re-Syncing, untuk menghitung berapa kali anda menonton video tersebut secara offline, agar bisa dimasukkan ke perhitungan jumlah view dari video tersebut.

Mengapa Youtube memilih Indonesia Untuk Youtube Offline?

Jawabannya adalah karena Indonesia punya pasar pengguna Youtube yang begitu besar, namun infrastruktur di Indonesia kurang mendukung untuk itu. Akses internet masih belum merata di seluruh wilayah, dan kecepatannya pun lambat. Seringkali pengguna cenderung malas untuk membuka video di Youtube karena proses buffering yang lama. Karena itulah Youtube meluncurkan fitur Youtube Offline ini, agar masyarakat Indonesia tetap bisa menikmati menonton video-video Youtube secara berulang-ulang, walau dengan akses internet yang terbatas.

Rudiantara Startup Asia Jakarta 2014

Sebenarnya, di bawah pemerintahan baru, ada sedikit berita menarik kalau Indonesia nantinya akan mempunyai infrastruktur internet yang baik, salah satunya adalah dengan akan dimulainya implentasi jaringan 4G. Semoga Youtube tidak akan menghentikan layanan spesialnya untuk Indonesia ini, sekalipun koneksi internet di negara ini sudah membaik. Dan semoga layanan ini bisa mengurangi angka download ilegal atas video-video di Youtube yang selama ini marak dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>