Yo, Aplikasi Konyol yang Menjadi Terkenal, Kemudian di-Hack

Yo

Bahagia itu sederhana. Kata-kata tersebut merupakan pepatah yang benar adanya, dan sering kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang, sebuah hal yang sederhana, bisa membuat kebahagiaan yang tiada tara. Begitu juga dengan sebuah aplikasi mobile. Aplikasi yang sangat sederhana, terkadang bisa menjadi sesuatu yang bisa membuat kita bahagia, dan terus memakainya.

Hal itu telah dibuktikan oleh pembuat game Flappy Bird. Game tersebut pada asalnya merupakan game yang sangat sederhana. Setiap mahasiswa jurusan Teknologi Informasi yang telah mempelajari Adobe Flash pasti bisa membuatnya. Dan ternyata, ketika game sederhana tersebut dikemas dengan baik, dan ditunjukkan ke muka umum, ia pun langsung disukai oleh banyak orang dan menjadi terkenal.

Kali ini, sebuah aplikasi yang bernama Yo, berusaha membuktikan hal yang sama. Berawal dari permintaan seorang pemimpin perusahaan yang menginginkan sebuah aplikasi untuk memanggil karyawannya dengan cepat, seorang developer bernama Or Arbel pun membuat Yo. Or Arbel kemudian mengembangkan aplikasi tersebut, dan memasarkannya ke seluruh pengguna smartphone.

Sebenarnya Apa sih yang Bisa Dilakukan Yo?

Tidak ada yang bisa kita lakukan dengan Yo, kecuali menambah teman, dan mengirimkan Yo kepada teman kita tersebut. Lalu apa itu Yo? Yo hanyalah sebuah notifikasi seperti ‘poke’ di Facebook. Hanya itu? Ya hanya itu.

Dan aplikasi yang sangat sederhana itu bisa dibentuk dan dipromosikan oleh Or Arbel, hingga dibicarakan oleh banyak orang. Yo akhirnya langsung masuk ke daftar 10 aplikasi teratas di AppStore Amerika Serikat. Bahkan langsung ada firma pendanaan yang memberikan mereka pendanaan sebesar 1 Juta Dollar. Sayangnya, kesuksesan mereka tersebut hanya berlangsung singkat. Tak lama setelah itu, mereka dilanda sebuah kabar buruk.

Seorang mahasiswa tiba-tiba menghubungi TechCrunch dan mengatakan kalau ia telah me-hack aplikasi Yo. Ia mengaku kalau ia sudah bisa menarik data nomor telepon pengguna Yo. Mahasiswa tersebut juga bisa mengirimkan banyak spam dalam waktu bersamaan, hal ini berpotensi untuk membuat sebuah telepon menjadi ‘down’, tidak bisa diakses. Setelah pengakuan tersebut, banyak pengakuan-pengakuan lain yang datang tentang rendahnya keamanan aplikasi Yo. Yo kemudian menjawab kalau ternyata benar, aplikasi mereka memang belum memiliki keamanan yang baik.

Jadi, berhati-hatilah terhadap aplikasi baru, walaupun aplikasi tersebut sudah terkenal.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>