Xiaomi Redmi 2 – Spesifikasi Lebih Baik Dengan Harga Lebih Murah Kini Meluncur di Indonesia

Xiaomi Redmi 2 3

“Pada dasarnya kami berpikir bahwa Indonesia merupakan pasar yang sangat besar dengan fans yang begitu bersemangat,” begitulah kata Hugo Barra, Vice President Internasional Xiaomi, ketika ditanyakan tentang peluang pemasaran Xiaomi di Indonesia.

Sejak kehadiran perdana Xiaomi di Indonesia, produsen asal China tersebut seperti tak pernah kehabisan antusiasme dari para fans. Setiap kali mereka mengadakan Flash Sale lewat salah satu toko online di Indonesia, Lazada, produk mereka pasti langsung habis hanya dalam waktu singkat. Sepanjang tahun 2014 yang lalu, kita telah melihat bagaimana ribuan Redmi 1S dan Mi Note, 2 produk Xiaomi yang sudah resmi dijual di Indonesia, dijual setiap minggunya dan langsung habis hanya dalam hitungan menit. Fenomena tersebut pasti telah mendapat perhatian dari Xiaomi, sehingga peluncuran produk-produk Xiaomi lainnya di Indonesia pun seperti tinggal menunggu giliran saja.

Xiaomi Redmi 2 1

Hal itu terbukti, ketika Xiaomi memutuskan untuk langsung memasarkan produk mereka yang baru dirilis pada bulan Januari yang lalu, yaitu Xiaomi Redmi 2. Berlokasi di gedung XXI Djakarta Theater yang berada di bilangan Sarinah, Jakarta, Hugo Barra tampak penuh senyum ketika memamerkan Xiaomi Redmi 2 kepada para hadirin. Acara yang berlangsung pada tanggal 1 April 2014 kemarin itu pun makin meriah, karena ternyata harga jual Xiaomi Redmi 2 akan tak jauh berbeda dengan pendahulunya, Xiaomi Redmi 1S. Seperti yang telah kita ketahui, di awal kemunculannya tahun lalu, Xiaomi Redmi 1S dijual dengan harga Rp 1.499.000. Kini, sang adik, Xiaomi Redmi 2, hadir dengan spesifikasi yang lebih mumpuni, namun dengan harga yang naik hanya Rp 100.000, menjadi Rp 1.599.000. Bila kita memperhitungkan efek kenaikan BBM dan rendahnya nilai tukar rupiah, bisa jadi harga tersebut malah cenderung lebih murah apabila dibandingkan dengan harga Redmi 1S. Xiaomi Redmi 2 ini nantinya akan dijual secara online lewat Lazada, dan secara offline via OkeShop dan Erafone.

Apa sih Beda Spesifikasi Antara Xiaomi Redmi 2 dengan Xiaomi Redmi 1S?

Xiaomi Redmi 2 Xiaomi Redmi 1S
Prosesor Quad Core, Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Quad Core, Qualcomm MSM8228 Snapdragon 400
Layar 4,7 inchi IPS LCD 720 x 1280 piksel 4,7 inchi IPS LCD 720 x 1280 piksel
RAM 1 GB / 2 GB 1 GB
Memori Internal 8 GB / 16 GB 8 GB
Kamera 8 megapiksel (Kamera Utama) + 2 megapiksel (Kamera Depan) 8 megapiksel (Kamera Utama) + 1.6 megapiksel (Kamera Depan)
Sistem Operasi Android OS 4.4.4 (KitKat) Android OS 4.3 (Jelly Bean)
Baterai 2200 mAh 2000 mAh
Lain-Lain 4G, Dual SIM, AGC Dragontrail, Slot SD Card, USB OTG Dual SIM, AGC Dragontrail, Slot SD Card

Tidak ada perbedaan yang jauh dari sisi desain antara kedua smartphone ini, hanya ada pemindahan lokasi sinar flash untuk kamera yang sebelumnya berada di bawah kamera, kini berpindah ke sebelah kiri kamera. Perubahan yang jelas hanyalah terdapat dari sisi prosesor, yang diperbaharui demi mengikuti perkembangan zaman. Untuk Redmi 2, Xiaomi menggunakan prosesor Snapdragon 410, yang merupakan prosesor berteknologi 64-bit pertama yang mereka gunakan untuk kelas Redmi.

Hal positif yang bisa didapatkan pengguna dari Redmi 2 ini adalah dukungannya untuk jaringan 4G. Bahkan, kedua slot SIM Card yang mereka pasang, keduanya sudah mendukung komunikasi lewat jaringan 4G, yang merupakan jaringan komersial tercepat di muka bumi saat ini. Selain itu, Redmi 2 juga sudah mendukung USB On The Go (OTG), sehingga bisa mudah dihubungkan dengan perangkat-perangkat lain.

Uniknya, di saat smartphone lain berlomba-lomba menggunakan layar generasi terbaru dari Corning, yaitu Gorilla Glass, Xiaomi malah mempertahankan kehadiran kaca Dragontrail di smartphone Redmi mereka. Dragontrail merupakan kaca yang diproduksi oleh Asahi Glass Corporation (AGC) asal Jepang. Kaca pelindung ini diyakini bisa memberikan perlindungan yang setara dengan Gorilla Glass. Pada gelaran Piala Dunia 2014 dan Piala Konfederasi 2013 yang lalu, FIFA sebagai organisasi sepakbola tertinggi di dunia bahkan memilih Dragontrail untuk digunakan sebagai pelindung pada bangku pemain cadangan yang berada di pinggir lapangan. Dragontrail dipilih karena kekuatannya yang diklaim bisa menahan tendangan terkencang di arena sepakbola, yang rekornya masih dipegang oleh Roberto Carlos asal Brazil. Sebelumnya, Dragontrail juga digunakan pada smartphone-smartphone lain seperti, Sony Xperia Z, Sony Ericsson Xperia active, Sony Xperia Z1, Sony Xperia Z2, Sony Xperia Z3, dan beberapa smartphone Nexus.

Xiaomi redmi 2 2

Secara umum, spesifikasi Xiaomi Redmi 2 memang standard yang harus dipenuhi oleh semua smartphone saat ini, tidak ada yang wah. Bahkan memori internal dan RAM yang terhitung mungil, menjadi suatu kekurangan bagi para pengguna yang terbiasa menggunakan banyak aplikasi dalam sebuah smartphone. Namun dengan harga yang begitu murah, Redmi 2 memang merupakan pilihan yang menarik untuk pasar menengah ke bawah. Begitu murahnya, sampai-sampai website GSM Arena pun menyebut Xiaomi seperti ingin ‘Bagi-Bagi Handphone’ saja dengan penjualan Redmi 2 ini.

Bagaimana Nasib Xiaomi Redmi 2 di Era TKDN 40%?

Dukungan Xiaomi Redmi 2 terhadap jaringan 4G, pun mengundang pertanyaan. Bukankah tahun 2017 nanti Indonesia akan menerapkan blokir terhadap setiap smartphone 4G yang kandungan lokalnya kurang dari 40%? Apakah Xiaomi sudah membuat pabrik di Indonesia untuk memenuhi peraturan tersebut?

Sejauh ini belum ada informasi mengenai pembuatan pabrik Xiaomi di Indonesia. Itu artinya keseluruhan smartphone mereka masih diimpor langsung dari China. Hampir dapat dipastikan kalau tingkat kandungan lokal dari Redmi 2 memang tidak mencapai 40%. Mungkin itu juga yang menjadi alasan mengapa Xiaomi buru-buru meluncurkannya sekarang, agar ketika peraturan itu diberlakukan, seluruh Redmi 2 telah habis terjual di Indonesia, sehingga tidak menyalahi aturan tersebut.

Xiaomi Redmi 2

Opsi lain yang bisa digunakan Xiaomi adalah memanfaatkan produksi layar Dragontrail di Indonesia. Saat ini, Asahi Glass Corporation (AGC) yang merupakan produsen kaca Dragontrail memang telah mempunya pabrik yang bernama Asahimas Flat Glass, di daerah Ancol. Saat ini pabrik tersebut memang hanya memproduksi kaca untuk keperluan bangunan dan kendaraan bermotor, bukan untuk kaca elektronik. Namun apabila dibutuhkan, penggunaan pabrik tersebut bisa menjadi keuntungan tersendiri untuk Xiaomi, demi meningkatkan tingkat kandungan lokal seperti yang ditetapkan pemerintah untuk smartphone berteknologi 4G.

Anda tertarik untuk membeli Xiaomi Redmi 2 ini?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>