Xiaomi Mi 4i, Cara Xiaomi Menghambat Popularitas Asus Zenfone 2

Xiaomi Mi4i 2

Asus dan Xiaomi, dua nama produsen smartphone ini makin dikenal di Indonesia. Khusus Asus, mereka sebelumnya hanya dikenal sebagai produsen Laptop, namun berkat produk Asus Zenfone yang begitu populer sepanjang tahun 2014 yang lalu, kini nama Asus pun kian dikenal sebagai produsen smartphone yang layak beli, khususnya di Indonesia. Xiaomi sendiri merupakan sebuah fenomena setelah menjadi produsen smartphone dengan penjualan terbesar ke-3 di seluruh dunia. Kedua produsen tersebut coba mendobrak hegemoni dunia smartphone Indonesia yang sebelumnya hanya mengenal merek-merek seperti Samsung, Apple, LG, dan Sony.

Perbedaan dari kedua smartphone tersebut adalah pada pasar yang mereka incar. Xiaomi lebih memilih untuk menjual produk-produk dengan harga di bawah Rp 2.000.000, karena mereka mengincar konsumen-konsumen smartphone dengan penghasilan menengah ke bawah. Sedangkan Asus, sebenarnya mereka mengincar hampir seluruh pasar smartphone dengan merilis 3 smartphone sekaligus, yaitu Zenfone 4, Zenfone 5, dan Zenfone 6. Namun produk mereka yang paling laku adalah Zenfone 5, yang harganya berada di kisaran Rp 3.000.000, yang mengincar konsumen menengah ke atas.

Xiaomi Mi4i 3

Konsistensi ini terus mereka jaga hingga sekarang. Ini terbukti ketika Xiaomi tetap mengincar kelas menengah ke bawah dengan Xiaomi Redmi 2 yang baru mereka rilis, sedangkan Asus tetap membuat smartphone dengan harga di atas Rp 3.000.000, yaitu Zenfone 2. Namun peta persaingan itu kemungkinan akan segera berubah.

Xiaomi Mi 4i, Calon Perusak Persaingan Xiaomi – Asus di Indonesia

Calon utama yang bisa merusak persaingan antara Xiaomi dan Asus adalah Xiaomi Mi 4i, yang baru saja diluncurkan oleh Lei Jun (CEO Xiaomi) dan Hugo Barra (Wakil Presiden Xiaomi) pada sebuah acara khusus di New Delhi, beberapa waktu lalu. Xiaomi Mi 4i adalah versi murah dari smartphone flagship Xiaomi, yaitu Xiaomi Mi 4. Konsep yang diusung Xiaomi Mi 4i masih sama dengan sang pendahulu, hanya berbeda dari sisi Prosesor, RAM, dan tentunya harga jual. Xiaomi Mi 4i akan dijual dengan 5 varian warna (Hitam, Putih, Merah, Biru Cyan, dan Pink) dengan kisaran harga Rp 2.700.000.

Xiaomi Mi4i 4

Uniknya, keseluruhan spesifikasi tersebut sangatlah mirip dengan smartphone terbaru Asus, yaitu Asus Zenfone 2. Praktis hanya merek prosesor saja yang berbeda, di mana Xiaomi Mi 4i menggunakan Qualcomm Snapdragon 615, sedangkan Asus Zenfone 2 menggunakan prosesor Intel Atom. Dengan harga jual yang diprediksi akan lebih murah dari produk Asus, Xiaomi jelas akan menjadi pilihan yang menarik selain Asus Zenfone 2 untuk kelas smartphone 3 Jutaan.

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi 4i

Xiaomi Mi 4i Asus Zenfone 2
Prosesor Quad-core x2, Qualcommm Snapdragon 615 1,7 GHz + 1,1 GHz Quad-Core, Intel Atom Z3560 1,8 GHz
RAM 2 GB 2 GB
Layar IPS LCD 5,0 inchi, 1080 x 1920 piksel IPS LCD 5,5 inchi, 1080 x 1920 piksel
Memori Internal 16 GB 16 GB
Kamera 13 megapiksel (Kamera Utama) + 5 megapiksel (Kamera Depan) 13 megapiksel (Kamera Utama) + 5 megapiksel (Kamera Depan)
Sistem Operasi Android OS v5 Lollipop Android OS v5 Lollipop
Baterai 3120 mAh 3000 mAh
Lain-Lain LTE, Dual SIM, FM Radio, MicroUSB V2.0 LTE, Dual SIM, Slot Micro SD Card, FM Radio, MicroUSB V2.0

Xiaomi Mi 4i mempunyai resolusi layar yang sama dengan Asus Zenfone 2. Namun karena ukuran layarnya sedikit lebih kecil daripada Asus Zenfone 2, Mi 4i akan memberikan tampilan gambar yang lebih tajam. Hal ini pun didukung dengan kapasitas baterai yang sedikit lebih besar daripada Asus Zenfone 2. Selain itu, Xiaomi Mi 4i juga menawarkan beberapa fitur yang lebih baik, di antaranya adalah Dual LED Flash yang membantu pengambilan foto di tempat yang minim cahaya, serta tambahan Filter Beautify yang bisa mempercantik hasil foto selfie anda dengan memperhitungkan jenis kelamin dan umur anda. Terdengar canggih bukan?

Selain perbedaan fitur dan spesifikasi di atas, praktis tak ada yang berbeda dari keduanya. Xiaomi Mi 4i dan Asus Zenfone 2 sama-sama memakai RAM 2 GB (Asus Zenfone 2 mempunyai varian dengan RAM 4 GB), kamera utama dan depan yang masing-masing berukuran 13 megapiksel dan 5 megapiksel, serta punya 2 slot SIM Card yang mendukung jaringan 4G. Satu-satunya kekurangan Xiaomi Mi 4i dibandingkan Asus Zenfone 2 adalah tidak adanya slot Micro SD apabila pengguna membutuhkan tambahan memori internal.

Xiaomi Mi4i

Kesimpulannya, Xiaomi Mi 4i sepertinya memang cara Xiaomi untuk menahan keperkasaan Asus di Indonesia, asal dengan 1 catatan, kalau Xiaomi Mi 4i ini memang benar akan masuk ke Indonesia. Sejauh ini belum ada kepastian apakah smartphone ini akan hadir secara resmi di Indonesia, sedangkan Asus Zenfone 2 sudah dari jauh-jauh hari memastikan keberadaannya di Indonesia. Asus bahkan sudah menyiapkan kerjasama dengan sebuah perusahaan perakitan smartphone di Batam untuk membantu produksi Asus Zenfone 2.

Jadi, mana yang anda pilih di antara kedua smartphone ini?

Sumber :

GSMArena

TechCrunch

AndroidHeadlines

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>