Xiaomi Berganti Nama – Untuk Cita-Cita Ekspansi Global


Xiaomi, vendor asal Cina ini, sudah tidak diragukan lagi sepak terjangnya di negara asalnya. Bahkan penjualan Xiaomi yang notabene baru menjual secara resmi di Cina, Hong Kong, dan Taiwan ini berhasil nyempil diantara Samsung dan Apple dalam 10 besar penjualan smartphone seluruh dunia. Tidak puas disana, Xiaomi bertekad untuk melakukan ekspansi global. Salah satu langkah nyata yang mereka tempuh adalah berganti nama.

Sepertinya Xiaomi paham untuk menembus pasar global mereka memiliki satu kekurangan, yaitu nama. Nama Xiaomi sangat Cina-sentris dan cenderung sulit diucapkan oleh lidah bangsa lain. Oleh karena itu Xiaomi mengganti namanya dengan membuang suku kata pertamanya.

mi.comPerubahan nama ini membuat Xiaomi pindah “markas”. Dari Xiaomi.com menjadi Mi.com. Perubahan ini rasanya diharapkan untuk mempermudah para fans Xiaomi untuk mengeja dan mengacu kepada brand Xiaomi yang akan go international, namun dengan nama sesingkat Mi, tentunya peluang Mi.com sudah direserve orang lain sangat tinggi.

Benar saja, Xiaomi perlu merogoh koceknya sedalam 3,6 juta Yuan. Setara 577 ribu Dollar Amerika, atau sekitar 6,5 milyar Rupiah. Harga mahal ini tentu tidak seberapa dibandingkan keuntungan Xiaomi.

Mengapa Mi?

mi.com

Selain alasan kemudahan pengejaan skala global Mi juga, menurut Xiaomi tentunya, merupakan kepanjangan dari Mobile Internet. Selain itu mi dalam bahasa Cina juga berarti beras. Bisa jadi filosofi beras inilah yang menjadi bagian dari ambisi Xiaomi untuk menaklukan pasar global dimana beras adalah bahan pangan dasar yang mudah diterima semua bangsa.

 

referensi+gambar:

mi.com | wired

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>