Wunderlist – Aplikasi Pengingat Terbaik

Wunderlist

Gelar sebagai Aplikasi Terbaik dari perusahaan teknologi besar seperti Apple, bukanlah gelar kacangan yang bisa diterima oleh aplikasi sembarangan. Paling tidak sebuah aplikasi yang mendapat gelar tersebut pastilah mempunyai keunikan tersendiri, dan memberi manfaat yang besar bagi penggunanya. Karena itulah kita tak boleh mengabaikan Aplikasi Terbaik Apple tahun 2013, Wunderlist.

Wunderlist adalah aplikasi pengingat di mana kita bisa menuliskan pekerjaan yang harus kita selesaikan, buku yang ingin kita baca, atau film yang ingin kita tonton. Christian Reber, Founder dan CEO Wunderlist, awalnya membuat sebuah startup yang bernama 6Wunderkinder. Dengan startup tersebut ia mencoba menyelesaikan kesulitan yang ia hadapi dalam mengerjakan beberapa proyek saat bekerja sebagai web deloper. Salah satu kesulitan yang paling besar menurutnya adalah aplikasi-aplikasi tertentu yang hanya bisa dijalankan di salah satu sistem operasi saja. Masalah lain yang ia hadapi adalah kebanyakan aplikasi bekerja dengan fitur-fitur yang kompleks dan menyulitkan pengguna. Karena itu akhirnya Ruber memutuskan untuk membuat aplikasi miliknya sendiri yang sederhana, menarik, dan berfungsi dengan baik. Itulah awal mula kemunculan Wunderlist.

Awalnya Ruber membuat aplikasi Wunderlist hanya untuk Mac dan Windows, kemudian diikuti dengan aplikasi untuk iPhone, iPad, Web, dan Android. Agar bisa menjadi lebih sukses, mereka pun mendekati Atomico (yang juga berperan dalam kelahiran Skype) untuk membantu mereka dari sisi investasi.

Christian Reber

Christian Reber

Sukses bekerja sama dengan Atomico, mereka ingin membuat Wunderlist tersedia di lebih banyak platform, seperti Windows Phone, Linux, dan lain-lain. Namun mereka akhirnya sadar di kemudian hari kalau semakin banyak platform yang mereka layani, maka semakin berat tugas yang harus mereka kerjakan. Setiap perubahan yang mereka lakukan terhadap Wunderlist akan membutuhkan waktu yang lama karena mereka harus mengubah juga hal-hal tertentu dari sisi penguna di tiap platform sistem operasi.

Sebenarnya aplikasi serupa Wunderlist juga sudah banyak, seperti Any.Do dan Astrid. Bahkan biasanya setiap sistem operasi punya aplikasi Notes tersendiri yang bisa kita gunakan untuk mencatat segala hal. Namun, dengan beberapa keunggulan, Wunderlist berhasil (setidaknya sepanjang tahun lalu) menjadi aplikasi yang terbaik. Apa saja sih keunggulan mereka?

Sinkronisasi

Saat ini kita bisa mengakses Wunderlist baik dari Desktop (Windows dan Mac) maupun Mobile (iOS dan Android). Dan Wunderlist berjalan dengan baik di semua platform tersebut.

Wunderlist tersedia di banyak platform

Wunderlist tersedia di banyak platform

Sederhana

Tidak banyak pilihan yang ada di tampilan Wunderlist, tapi itu malah menjadi sebuah keunggulan karena pengguna menjadi lebih fokus untuk mencatat. Fitur-fitur yang ada juga disajikan dengan mudah, tidak serumit Any.Do yang begitu menyulitkan bagi para pengguna pemula.

Menarik

Berkebalikan dengan Any.Do yang rumit tapi berpenampilan standard, Wunderlist mengedepankan aspek sejuk dalam penampilannya. Ini terlihat dari background yang mereka tawarkan, semuanya memberikan kesan tenang dan elegan.

Gratis

Sejauh ini Wunderlist masih mengizinkan para penggunanya untuk menggunakan fitur-fitur standard-nya tanpa harus mengeluarkan uang sepeser-pun.

Lengkap

Dan yang terakhir, sebenarnya semua fitur yang diperlukan dari aplikasi pengingat, ada di Wunderlist. Sharing dengan teman, email pengingat yang terkirim secara otomatis hingga pengaturan untuk membuat kegiatan yang berulang atau kegiatan yang harus didahului oleh kegiatan lain, semua tersedia.

Fitur-fitur yang disediakan Wunderlist

Fitur-fitur yang disediakan Wunderlist

Saat ini aplikasi yang tersedia adalah Wunderlist versi 2, dan mereka sedang bekerja keras untuk membuat Wunderlist versi 3. Menurut isu yang beredar, Wunderlist berencana untuk berkembang dari sebuah aplikasi pengingat menjadi sebuah gaya hidup mobile. Sudahkah anda mencobanya?

 

Sumber Gambar : theindustry.cc, homeapk.net

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>