Windows 8 Telah Tiba

Windows 8, sistem operasi terbaru dari Microsoft, telah resmi diluncurkan hari ini, Jumat (26/10/2012). Asia, termasuk Indonesia, sudah dapat melakukan upgrade OS windows tersebut per hari ini.

Saat ini Microsoft memberikan semacam program tukar tambah. Beli Windows 7 PC, bisa tukar tambah dengan Windows 8 Pro dengan menambahkan $14.99. Untuk pasar Indonesia, secara nominal tampak cukup menarik, karena meskipun masih sering dijumpai OS tanpa pelat nomor di pasaran Indonesia, pembeli laptop atau notebook sudah banyak yang membeli paket bundling dengan OS di dalamnya. Apabila Anda salah satu orang yang dimaksud dan melakukan pembelian sejak 2 Juni 2012 (program berlaku sampai dengan Januari 2013), Anda bisa  mengikuti promo tersebut di situs http://windowsupgradeoffer.com/en-ID.

Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum hijrah ke Windows 8. Yang paling mendasar adalah user experience. Windows 8 tampaknya didesain untuk nyaman dengan layar sentuh, sehingga banyak perubahan yang terjadi pada pengoperasian tetikus (mouse). Selain itu, terdapat perombakan pada desktop serta program-program, meliputi tata letak, pengoperasian, sampai dengan proses troubleshooting. Hal ini berakibat akan adanya learning curve yang dibutuhkan untuk beradaptasi dengan sistem yang baru, belum lagi kemungkinan masalah kompatibilitas dengan software-software yang ada. Memang secara intuitif, software layaknya backward compatible, maksudnya tetap kompatibel dengan perangkat pendukung yang berfungsi di versi sebelumnya, namun mengingat adanya lag penyesuaian kompatibilitas yang dialami masa-masa Vista, bukan tidak mungkin Windows 8 akan mengalami tantangan yang serupa.

Disisi lain, Microsoft sebagai pengembang pasti menyadari adanya learning curve ini. Tentunya dapat diantisipasi dengan cara menyediakan banyak tutorial serta troubleshooting guide yang menyeluruh sehingga pengguna merasa lebih nyaman untuk hijrah ke Windows 8. Namun untuk Indonesia rasanya Microsoft perlu melangkah sedikit lebih jauh. Tidak semua pengguna computer literate, dan tidak semua pengguna nyaman dengan tutorial atau troubleshooting guide dalam bahasa inggris. Biasanya mereka akan merefer ke blog-blog atau komunitas lokal, namun tentu saja knowledge tersebut tidak instan dan butuh waktu. Nah, apabila Microsoft ingin mempercepat proses ini, ada baiknya hal tersebut dipertimbangkan. Toh skema pricing yang baik saja terkadang belum cukup.

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>