Windows 10 Akan Mengantar Kita ke Era Baru  


Windows-10-logo

Setidaknya itulah yang diyakini CEO Microsoft, Satya Nadella dalam wawancara eksklusifnya dengan Dave Lee dari BBC.

Dalam wawancara yang videonya diringkas menjadi berdurasi empat menit itu, Satya Nadella mengungkapkan beberapa hal terkait bagaimana Windows 10 ini akan membawa perubahan baik bagi Microsoft sebagai perusahaan di bidang teknologi maupun bagi para pengguna Microsoft.

 

Windows 10, yang diluncurkan secara resmi di 190 negara mulai hari ini, digadang-gadang sebagai awal dari Microsoft untuk menyaingi sepak terjang Google dan Apple terutama di industri mobile. Jumlah pengguna Windows Phone pada tahun 2014 diperkirakan hanya mencapai 2.7% dari keseluruhan pengguna smartphone di dunia.

Windows 10 akan ditawarkan kepada sebagai up-grade gratis bagi para pengguna Windows 7, Windows 8.1 dan Windows Phone 8.1 yang asli. Windows telah membangun Windows 10 berdasarkan masukan-masukan yang diberikan oleh lima juta pengguna Windows Insiders. Dan untuk selanjutnya, Windows akan menawarkan up-grade secara berkala yang gratis. Meskipun tersedia gratis bagi pengguna end-user,namun tidak demikian halnya dengan perusahaan-perusahaan yang menggunakan Windows 10 maupun  para pembuat komputer yang memasukkan Windows 10 sebagai OS bawaan.

Dalam wawancaranya, Satya Nadella mengatakan bahwa Windows 10 menjadi tonggak penting bagi Microsoft khususnya dan secara umum bagi industri teknologi.

LE WEB PARIS 2013 - CONFERENCES - PLENARY 1 - SATYA NADELLA

Salah satu yang diandalkan oleh Microsoft dalam menandingi Google dengan Google Now-nya dan Apple dengan Siri-nya adalah Cortana. Cortana, menurut Nadella mempunyai kemampuan yang bisa disamakan sebagai sebuah sistem operasi komputer. Jika kita mengikuti sejarah perkembangan teknologi, kita memiliki konsep yang mengalami perubahan tentang bagaimana umat manusia berinteraksi dengan komputer mereka. Salah satunya adalah graphical user interface, yang kedua adalah browser dan internet, sedangkan Cortana adalah cara yang ketiga.

 

Ketika disinggung tentang kemungkinan munculnya kekhawatiran terkait data pribadi, Nadella menjawabnya sambil mengritik Google yang menggunakan data yang mereka miliki untuk beriklan.

Salah satu hal mendasar yang bisa membuat sesuatu menjadi lebih pribadi sifatnya adalah kepercayaan menurutnya. Microsoft tidak sedang menjual iklan kepada para pengguna, namun justru ingin menjual software atau gawai sehingga para pengguna dapat mempercayainya bekerja untuk mereka. Microsoft ingin menjadi perusahaan yang terpercaya, bagaimana caranya para konsumen mengambil pilihan, itu dikembalikan kepada mereka.

 

Nadella juga sempat ditanya mengenai pemecatan terhadap pegawai-pegawai mereka yang bergabung setelah pembelian Nokia tahun 2014. Nadella menolak untuk menyebut kebijakan yang dilakukan pendahulunya, Steve Balmer, sebagai sebuah kesalahan. Dia mengelak dengan mengatakan bahwa ketika kita menarik sebuah perusahaan besar ke dalam perusahaan kita, akan terdapat sejumlah rasionalisasi tidak menyenangkan yang mengikutinya.

 

Windows 10 diluncurkan multi-platform, yang berarti satu software dapat dijalankan di komputer, smartphone, tablet, konsol game, dan wearable.

Dengan didesain untuk berjalan di bermacam-macam gawai, harapannya hal ini akan membuat para pengembang menjadi lebih bergairah untuk merancang aplikasi bagi sistem tersebut.

Windows 8, yang merupakan pendahulu Windows 10, tidak populer di kalangan pengguna dan ini menyebabkan Microsoft berusaha merancang tampilannya supaya berbeda dari Windows 8.

Bagaimana, sudahkah anda mengunduh Windows 10 di gawai anda sekarang?

Nawir

Seorang pembaca buku, pecinta alam semesta, penyuka filsafat, penonton film.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>