Versi Terbaru Nintendo 3DS Diumumkan

3ds new old

Nintendo, perusahaan pembuat konsol video game yang namanya sudah tidak asing di telinga anak-anak 90an sejak jaman NES. Baru saja mengumumkan versi terbaru untuk konsol game saku (Handheld) Nintendo 3DS. Konsol game Nintedo 3DS sendiri sudah dirilis sejak 26 Febuari 2011 lalu dengan mudah mengalahkan dominasi pasar konsol game Handheld dari Sony dengan PSP dan PSVITA-nya. Penjualan 3DS yang sudah mencapai 44.14 juta unit dengan mudah menggeser posisi PSP sebagai konsol handheld terlaris dan membuat PSVita tidak berkutik. pada jumat lalu lewat channel youtube Nintendo Jepang, Nintendo mengumumkan versi terbaru untuk Nintendo 3DS yang akan segera dirilis bulan Oktober nanti untuk wilayah Jepang untuk awalnya. apa perbedaannya dengan versi 3DS sebelumnya?

 

The New Chalenger

new 3ds

 

 

pada versi terbaru ini Nintendo membuat banyak perubahan pada desain konsol game mereka. yang cukup mudah terlihat adalah diberikannya warna pada tombol A, B, X dan Y . Pihak Nintendo mengatakan bahwa pemilihan warna tersebut didasari pada warna tombol yang sama pada kontroler SNES yang dulu pernah dibuat oleh nintendo. kemudian munculnya sebuah analog kecil tambahan yang berada diatas tombol X yang diberi nama C-Stick.

3ds new old 4

layar pada Nintendo 3DS yang baru juga diperbarui. selain ukurannya yang semakin besar dibanding pendahulunya. kini Nintendo membuat agar efek 3d pada layar 3DS dapat dilihat dari sisi samping. pada 3DS sebelumnya user tidak dapat melihat efek 3D dari sisi samping layar. ini disebabkan oleh teknologi 3d tanpa kacamata yang diciptakan oleh Nintendo hanya bisa dilihat jika layar berada tepat di depan wajah pemain.

3ds new old 2

3DS yang baru juga dilengkapi dengan sensor cahaya sehingga tingkat kecerahan layar akan berubah bedasarkan pencahayaan di lingkungan disekitarnya. fitur ini selain membuat mata pemain semakin nyaman ketika memainkannya juga membuat umur baterai pada 3DS menjadi semakin lama.

3ds new old 6

tombol tambahan ZR dan ZL juga muncul pada 3DS baru namun belum jelas game apa yang akan menggunakan fitur tombol tersebut.

3ds new old 5

dan yang paling penting adalah munculnya NFC reader/witer pada 3DS baru yang membuat 3DS dapat menggunakan fitur amiibo dengan lansung menaruhnya pada layar bawah.

dengan fitur-fitur tersebut (masih banyak lagi fitru lainnya sebenarnya), nintendo semakin memantapkan dirinya sebagai pemenang dalam persaingan konsol game handheld. walaupun baru akan dirilis untuk wilayah jepang saja namun tak ada salahnya bersabar untuk menunggu rilisnya versi US untuk konsol ini.

3ds new old 3

 

Irfan Bintoro

just a passing trough college student who like to talk about technology, games and anime

More Posts

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>