Update-Update Terbaru Twitter: Conversation di Laman Twit dan Berbagi Blokir

Twitter baru saja mengumumkan dua update terbaru produk mereka. Pada tanggal 8 Juni mereka mengumumkan perbaharuan terkait percakapan di Twitter serta pada tanggal 10 Juni tentang berbagi daftar blokir.

Update Conversation

Dengan jumlah pengguna aktif ditaksir mencapai 500 juta orang di dunia dan jumlah kicauan yang dikirimkan mencapai 302 juta setiap harinya, dapat dibayangkan betapa banyaknya percakapan yang terjadi sehari-hari di Twitland. Ribuan bahkan mungkin ratusan ribu percakapan berseliweran di Twitter.

Conversation yang telah berjalan dua tahun adalah fitur Twitter yang bentuknya mirip dengan komentar bersarang. Conversation membantu kita untuk bisa melihat konteks dari sebuah percakapan yang telah melibatkan banyak pengguna dan menghasilkan banyak kicauan. Jika kicauan atau pengguna jumlahnya sangat besar, akan sulit untuk mengikuti percakapan dengan baik.

Minggu lalu, di blog resmi mereka, Twitter mengumumkan pembaharuan yang mereka lakukan terhadap fitur mereka tersebut. Sekarang, pada halaman kicauan yang menjadi induk dari sebuah percakapan, akan ditampilkan beberapa grup dari percakapan yang dinilai cukup menarik. Twitter mengatakan bahwa mereka memasukkan beberapa faktor ke dalam algoritma perhitungan sebuah percakapan menjadi menarik, misalnya apakah akun yang asli ikut terlibat dalam percakapan tersebut.

Di pengumuman mereka, Twitter mengambil contoh dari Q&A milik Tony Hawk dan pengumuman tentang update dari aplikasi Periscope.

Berbagi Daftar Blokir

Selain mengumumkan pembaharuan tentang fitur Conversation, Twitter juga mengumumkan bahwa mulai sekarang para pengguna Twitter dapat membagikan daftar blokir yang mereka miliki.

Bagi sebagian pengguna Twitter, fitur blokir akun adalah salah satu hal penting dalam pemakaian Twitter. Mereka memblokir akun-akun yang dinilai mengganggu aktivitas mereka di Twitland, misalnya bot yang memention akun kita untuk mengiklankan sesuatu.

Dengan update terbaru ini, para pengguna dapat membagikan daftar blokir mereka kepada orang-orang di komunitas mereka yang mengalami masalah yang sama. Daftar blokir ini akan dapat kita bagikan ke orang lain untuk mereka gunakan di akun mereka, atau sebaliknya kita dapat menerima daftar blokir untuk sekelompok akun sehingga kita dapat memblokir semuanya secara langsung tanpa perlu memblokirnya satu persatu.

 

 

Update ini adalah lanjutan komitmen dari Twitter yang pada bulan April telah mengumumkan beberapa kebijakan mereka dalam rangka menanggulangi penyalahgunaan Twitter. Sebelumnya di bulan Desember mereka telah memperketat pengaturan blokir sehingga akun yang kita blokir tidak akan dapat melihat profil kita.

Nawir

Seorang pembaca buku, pecinta alam semesta, penyuka filsafat, penonton film.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>