Unboxing Xiaomi Redmi 1S & Hands-On

redmi1s boxSetelah banyak mengangkat berita seputar Xiaomi yang berencana akan hadir di Indonesia, dan juga setelah merasakan produk-produk Xiaomi di ICS 2014, Xiaomi Redmi 1S hadir di meja redaksi aitinesia. Dalam post ini kami akan melakukan Unboxing Xiaomi Redmi 1S disertai dengan hands-on singkat. Langsung saja.

reedmi1s face

Unboxing Xiaomi Redmi 1S

Smartphone unggulan Xiaomi di kelas menengah-bawah kali ini yang akan kita bedah adalah yang berwarna putih. Redmi 1S putih sendiri cukup jarang peredarannya. Kebanyakan yang beredar adalah yang berwarna hitam atau abu-abu gelap. Kami beruntung sempat mendapatkan produk ini.

redmi 1s

 

Box yang digunakan Xiaomi pada Redmi 1S senada dengan box pada produk lain; sederhana, dan bertemakan ramah lingkungan. Tampilan box-pun tidak kalah sederhana, hanya logo mi yang berada di sudut kana atas. Tentunya hal tersebut dilakukan juga untuk menekan biaya produksi. Lebar ukuran box Redmi 1S juga ngepas dengan ponsel.

redmi 1sLangsung saja kita keluarkan semua. Isinya ada kabel data, charger, konverter charger (karena charger yang disertakan tidak kompatibel dengan outlet listrik di Indonesia), buku panduan dan garansi. Ya tentunya ponselnya juga dong :D.

redmi 1s

Buku manual-pun juga sederhana. 1 lembar kertas dilipat 3 seperti brosur. Xiaomi tampaknya tahu dimana harus memfokuskan biaya operasional. who cares sama box dan buku manual.

Penampakan Redmi 1S

redmi 1s

 

Tampilan Redmi 1S cukup sederhana dan tidak terlalu wah. Namun terdapat kesan elegan dengan build quality yang terasa baik ketika menggenggamnya. Kualitasnya terasa sangat berbeda dengan Android dari Tiongkok tahun 2011-an yang sering menjiplak iPhone dan Samsung.

Pada pinggiran ponsel terdapat garis metalik berwarna perak yang mengelilingi tubuh ponsel. Menambah kesan elegan dan menampikan kesan ponsel murahan (plot twist: harganya emang beneran murah).

redmi 1s

 

Pada bagian atas dapat kita lihat lubang untuk jack earphone 3,5 mm. Selain itu polos.

redmi 1s Di bagian bawah terdapat lubang micro USB untuk memasukan kabel data dan melakukan charge. Di sebelah kanannya terdapat lubang microphone.

redmi 1sSemua kendali fisik ponsel terdapat di bagian kanan. Terdapat volume rocker di kanan atas untuk mengecilkan dan membesarkan volume suara, dilanjutkan tombol power. Di bagian bawah terdapat celah untuk membuka cover belakang yang memberikan akses kepada baterai, 2 kartu sim, dan memory card.

redmi 1sBaterai yang dimaksud memiliki kapasitas sebesar 2.000 mAh. Tidak begitu besar, namun cukup untuk menjalankan layar HD seharian dengan penggunaan normal.

redmi 1sKemudian kita menuju ke bagian yang paling menarik; sisi sebelah kiri. Ternyata disini tidak ada apa-apa. Okeh, lanjut.

redmi 1S

Di bagian belakang terdapat kamera, flash, dan logo mi. Terbuat dari plastik namun tetap tidak terkesan murahan. Sayangnya tekstur glossy ponsel ini bisa menyebabkan kepleset dari genggaman. Akan lebih elegan dan anti-selip jika xioami menggunakan tekstur rubberized.

Menyala!

redmi 1s

Ketika menyalakan ponsel Android dengan MIUI ini kita langsung disambut dengan logo mi yang menyala terang.

redmi 1s

Lock-screen MIUI memberikan akses terhadap tiga shortcut yang dapat kita kustomisasi. Geser kebawah untuk unlock, ke kanan untuk akses pintas ke kamera misalnya, kiri ke aplikasi telepon, dan seterusnya.

redmi 1sGambar diatas merupakan default home MIUI. Perlu diingat, MIUI tidak memiliki app drawer. Jadi seperti iOS, semua aplikasi yang ter-install dapat diakses melalui home. Jika Anda menginginkan app drawer, Anda dapat meng-install launcher lain. Selain itu tema dan tampilan MIUI juga sangat mudah dikustomisasi sesuai keinginan.

redmi 1s

Selain itu, pada tampilan muka, Redmi 1S masih menggunakan tombol kapasitif untuk tombol menu, home, dan kembali. Tombol ini hanya berupa cat berwarna merah, tidak akan menyala ketika ditekan (back-lit).

redmi 1s

Apabila kita menggeser (swipe) dari pojok atas ke bawah, kita akan menemukan bagian notifikasi dan toggles. Ini juga merupakan fitur kustomisasi dari MIUI. Kita dapat menentukan menu apa yang akan dapat kita akses dengan cepat disini.

redmi 1s

MIUI juga sudah men-support Bahasa Indonesia. Jadi bagi yang sudah familiar dengan navigasi berbahasa Indonesia, jangan khawatir. Tapi sepertinya default Android juga sudah memasukkan Bahasa Indonesia dalam pilihan bahasanya.

Kesan Pertama

Setelah membuka box dan sedikit bermain-main dengan Redmi 1S putih, kesan pertama yang dengan mudah terlintas adalah kualitas ponsel yang ditawarkan cukup premium mengingat harga yang dibanderol. Selain itu, layar 4,7 inci juga pas, tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil. Sehingga pengoperasian dengan satu tangan bukan merupakan masalah.

MIUI yang dimotori oleh Snapdragon 400 dan RAM 1GB membuat pengalaman menggunakan Android menjadi mulus dan tanpa jeda yang berarti. Namun tes lebih lanjut dengan menjalankan aplikasi berat seperti game HD masih diperlukan untuk mengetahui kemampuan maksimal dari smartphone ini.

Terakhir, untuk ponsel Android dengan kisaran harga 2 jutaan, Redmi 1S menjadi pilihan yang menarik. Namun sayang hingga saat ini Xiaomi masih juga belum meluncurkan Redmi 1S di pasaran Indonesia meskipun banyak yang menanti. Satu hal yang perlu diperhatikan Xiaomi; Saat ini Xiaomi bukanlah satu-satunya pemain yang menawarkan Android berspesifikasi bagus dengan harga kaki lima. Huawei, Motorola dan Asus siap merebut kue tersebut dengan Honor 3C, Moto G, dan Zenfone 5 nya. Semua bermain di kisaran harga yang sama.

Siapakah yang akan menjadi pemenang?

 

 

 

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

1 Response

  1. soni says:

    gan punyaku kok cesnya kok beda ya biasanya kan besinya bulat . punya ku kok kotak itu bagaimana ngecass nya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>