Uber Pecahkan Rekor Pendanaan Terbesar, Lyft Gigit Jari

Uber

Ada yang tak biasa dari pendanaan terbuka yang dilakukan Uber, sebuah startup penyedia mobil / taksi sewaan di Amerika Serikat. Bukan karena prosesnya yang berbeda, melainkan karena nilainya yang luar biasa besar. Yup, Uber baru saja menutup sesi pendanaan terbaru mereka dengan nilai 1.2 Miliar Dollar.

Dengan uang tersebut, nilai startup yang dipimpin oleh Travis Kalanick ini pun terus melambung hingga angka 18.2 Miliar Dollar. Pendanaan terbaru mereka ini merupakan gabungan dari beberapa pemilik modal, termasuk Google Ventures. Bila mengingat persaingan yang sedikit kurang sehat antara Uber dengan Lyft, saingan mereka yang identik dengan logo kumis, Lyft tampaknya kini harus makin sering gigit kumis, eh gigit jari maksud saya.

Selama ini, Uber dianggap sebagai pihak yang ‘jahat’, karena tingkah mereka yang begitu kontroversial untuk menjatuhkan lawan-lawan mereka. Terutama cara kotor yang mereka gunakan ketika memerintahkan karyawan mereka untuk memesan mobil startup pesaing, dan membatalkannya begitu mobil tersebut hampir sampai.

Uber Funding

Tapi kini, Lyft, sebagai salah satu pihak yang tertindas dari ‘kecurangan’ Uber, malah harus ikhlas menerima kekalahan mereka untuk soal pendanaan. Apalagi Travis Kalanick, sang Chief Operating Office (CEO) Uber, mengatakan kalau dana yang mereka terima akan mereka gunakan untuk menekan pesaing-pesaing mereka, nah lho.

Uber pun kini dengan bangganya bisa mengatakan kalau mereka telah beroperasi di 128 kota, dengan penambahan 20.000 pengemudi setiap bulannya. Untuk bisa meraih lebih banyak pelanggan, mereka pun akan menurunkan tarif sewa kendaraan mereka sebesar 20%.

Menarik untuk melihat reaksi Lyft, dan startup-startup penyewaan mobil lainnya untuk menghadang laju Uber. Hal tersebut sepertinya akan makin sulit mengingat rencana Uber dan Google yang akan bersatu untuk membuat penyewaan mobil yang bisa berjalan tanpa pengemudi.


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>