Uber Adalah Perusahaan Teknologi, Bukan Taksi !

Uber 2

Polemik terkait Uber, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan penyewaan mobil yang mirip dengan taksi di Jakarta, masih belum selesai. Uber mengatakan kalau Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah memberikan pernyataan positif tentang Uber, namun sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pihak terkait tentang boleh atau tidaknya Uber beroperasi di Jakarta.

Sembari menunggu proses perundingan yang sepertinya akan cukup memakan waktu, Uber berusaha mengklarifikasi isu-isu miring yang beredar seputar keberadaan mereka di Jakarta. Kepada tim Aitinesia, Uber menyampaikan tentang pentingnya masyarakat Indonesia, terutama yang berada di Jakarta, untuk mengetahui fakta-fakta berikut:

Apakah Uber Merupakan Perusahaan Taksi yang Tidak Berijin?

Menurut mereka, Uber adalah sebuah perusahaan teknologi. Uber tidak memiliki atau mengoperasikan mobil,  serta pengemudinya. Platform Uber hanya berfungsi untuk menghubungkan calon penumpang dengan supir profesional, yang merupakan karyawan dari perusahaan penyewaan mobil yang terdaftar. Menurut Uber, hal ini telah sesuai dengan Undang-Undang transportasi yang diberlakukan dan disahkan oleh pemerintah DKI Jakarta.

Apakah Uber Menjamin Keamanan Penumpang Mereka?

Keamanan merupakan prioritas nomor 1 dari Uber. Untuk memastikan penumpang agar tidak salah naik ke selain mobil Uber, aplikasi Uber akan memberikan informasi berupa nama, foto, nomor kontak pengemudi, serta plat nomor kendaraan. Seorang penumpang juga dapat membagikan data perjalanan serta perkiraan waktu kedatangan kepada teman dan keluarga sehingga mereka dapat mengikuti secara real-time, tentunya melalui aplikasi Uber.

Uber Driver

Seluruh Taksi di Jakarta Harus Melalui Pemeriksaan Fisik, Bagaimana Dengan Uber?

Kata siapa kendaraan Uber tidak melalui pemeriksaan fisik? Semua kendaraan Uber di Jakarta merupakan kendaraan yang terdaftar dalam perusahaan penyewaan mobil yang telah diinspeksi oleh Uber. Uber berani menjamin kalau semua kendaraan tersebut mengikuti semua persyaratan registrasi dan perijinan.

Bukankah Perhitungan Tarif pada Kendaraan Uber Tidak Jelas?

Uber Cost

Komponen biaya pada kendaraan Uber terbagi menjadi 3 komponen di atas, yang terpampang dalam aplikasi serta website Uber. Kita bisa mendapatkan estimasi tarif perjalanan sebelum mengkonfirmasi pemesanan. Pada akhir perjalanan, kita juga akan menerima bukti transaksi melalui email yang menunjukkan rute perjalanan beserta rincian biayanya.

Uber Argo

Semua yang Memakai Argometer Berarti Termasuk Dalam Kendaraan Umum. Uber?

Beberapa badan otoritas transportasi terbesar dan ternama di dunia (misalnya Dinas Perhubungan London, TFL) menyatakan bahwa iPhone sama sekali bukan argometer.

Dengan semua pembeberan fakta di atas, Uber mengharapkan kalau pengguna bisa mendukung mereka untuk tetap bisa beroperasi di Jakarta. Namun seperti yang juga dikatakan oleh Uber di blog resmi mereka, peraturan mengenai kendaraan umum, khususnya di DKI Jakarta, dibuat sebelum berkembangnya era digital. Karena itu ada baiknya bagi pemerintah untuk mereview dan merevisi aturan yang ada, sesuai dengan perkembangan jaman.

Kita sebagai pengguna hanya bisa menunggu, apakah nantinya DKI Jakarta akan membolehkan atau tetap melarang operasional Uber. Simak terus kelanjutannya di website kesayangan anda ini.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>