Uangteman, Fintech Startup Pinjaman Jangka Pendek


UT3
Salah satu startup yang sedang ramai dibicarakan netizen Indonesia adalah Uangteman. Startup yang baru berusia sekitar tiga bulan ini bergerak di bidang financial technology. Di Indonesia sendiri, fintech memang sedang menggeliat ditandai salah satunya oleh bermunculannya beberapa startup seperti yang diberitakan di Fintechindo.

Uangteman, di Indonesia dipayungi oleh PT Digital Alpha Indonesia yang memiliki induk di Singapura. Uangteman di Indonesia menarget segmen pasar orang-orang yang membutuhkan dana cepat dengan syarat mudah. Mirip seperti iklan-iklan yang sering hadir di tiang-tiang listrik menjelang hari lebaran seperti sekarang ini.

Uangteman, menawarkan fasilitas pinjaman dana dengan syarat mudah yang dibatasi mulai dari 1.500.000 sampai dengan 2.000.000 rupiah untuk jangka waktu pinjaman mulai dari 10 hari sampai dengan 30 hari. Bunga yang mereka terapkan mencapai 1% per harinya.

Sistem bunga Uangteman ini yang memancing perdebatan antara netizen Indonesia. Dengan peminjaman awal 2.000.000, untuk jangka waktu 30 hari maka yang harus dikembalikan mencapai 2.600.000. Nilai yang sangat besar jika dibandingkan dengan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

UT2

Uangteman memang tidak menerapkan sistem denda jika peminjaman dilunasi sebelum waktunya seperti yang lumrah berlaku di lembaga-lembaga keuangan lainnya, namun mereka menetapkan biaya untuk perpanjangan waktu pelunasan sekaligus penambahan bunga.

Mereka juga menarik biaya keterlambatan dan biaya penagih hutang yang menambah besar nilai yang harus dikembalikan peminjam.

Uangteman memang benar-benar menawarkan kemudahan bertransaksi seperti uang yang akan ditransfer ke rekening bank peminjam setelah 2 jam permohonan disetujui. Mereka juga tidak mensyaratkan agunan seperti di bank-bank. Selain itu yang menjadi nilai jualnya kepada masyarakat kita adalah sistemnya yang tidak berbelit-belit seperti pada bank konvensional yang sering kali memakan waktu cukup lama untuk mendapatkan pinjaman.

Untuk saat ini, Uangteman hanya melayani nasabah yang berdomisili dan memiliki KTP daerah Jabodetabek, berusia minimal 21 tahun, berpenghasilan minimal 3 juta rupiah per bulan serta memiliki rekening bank atas nama sendiri.

 

Mereka berencana memperluas usahanya ke beberapa daerah yang dinilai potensial di antaranya Malang, Klaten, dan Yogyakarta.

Bagaimana menurut anda mengenai Uangteman ini? Kemudahan yang ditawarkannya apakah sebanding dengan besarnya keuntungan yang mereka dapatkan?

Yang jelas para pengguna jasanya harus benar-benar membaca peringatan yang telah dicantumkan oleh perusahaan ini.

UT1

Nawir

Seorang pembaca buku, pecinta alam semesta, penyuka filsafat, penonton film.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

1 Response

  1. Michael Wijaya says:

    Jika ingin mengajukan kredit hendaklah yang bersifat syariah dan sesuai dgn ketentuan UU yg berlaku, Insya Allah berkah bagi and. karena di “Uangteman” ini perusahaan renten yang melanggar peraturan baik secara hukum maupun agama, perusahaan ini juga tidak memiliki izin dari OJK serta berkedok teknologi. Semua berkas/bukti sudah ada di OJK, Polda, beberapa LSM serta instansi terkait, setelah ini siap untuk diproses pembekuan operasional dan dicekal CEO nya! Mohon support / bantuan dari segala aspek masyarakat untuk membersihkan segala praktek riba seperti ini.

    http://howmoneyindonesia.com/2015/07/25/ojk-uangteman-com-itu-tidak-berizin/

    http://u.msn.com/id-id/ekonomi/ekonomi/ojk-hati-hati-tawaran-utang-dari-uangtemancom/ar-AAdrgHD

    http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2015/07/25/150509/ojk-uangteman-com-rentenir-berkedok-teknologi

    http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/07/24/205124426/OJK.Minta.Masyarakat.Tak.Tergiur.Uangteman.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>