Twitch Resmi Dibeli Oleh Amazon, Google Pun Gigit Jari

Twitch

Beberapa bulan yang lalu, sepertinya berita tentang Google yang dikabarkan akan mengakuisisi Twitch hanya tinggal menunggu waktu dan pengumuman resmi saja. Waktu itu, Twitch, yang merupakan penyedia layanan video rekaman bermain game, dikabarkan akan dibeli oleh Google seharga 1 Milyar Dollar (sekitar 11 Trilyun Rupiah). Twitch diramalkan akan disatukan dengan Youtube, layanan penyedia video terbesar di dunia yang dimiliki oleh Google.

Amazon Menyerobot Proses Negoisasi Google – Twitch

Namun, entah bagaimana asal muasalnya, tiba-tiba Twitch mengumumkan pembelian terhadap perusahaan mereka, tapi tidak oleh Google, melainkan dari Amazon. Nilai pembelian ini pun telah dikonfirmasi, lebih kecil dari nilai yang disebut-sebut akan dibayarkan Google, hanya sekitar 970 Juta Dollar. Kemungkinan besar ada suatu masalah yang menyebabkan gagalnya negoisasi antara Google dan Twitch, dan Amazon memanfaatkannya untuk mengambil alih Twitch secepat mungkin.

Mengapa Twitch Menerima Pinangan Amazon?

Lewat sebuah surat elektronik, Emmett Shear, Chief Executive Officer (CEO) dari Twitch, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada segenap pihak yang telah membantu pengembangan Twitch hingga menjadi besar seperti sekarang. Ia bahkan sempat mengatakan kalau ia tidak percaya kalau Twitch bisa sebesar saat ini. Secara khusus, Shear menyebutkan sanjungannya kepada komunitas penggemar Twitch yang telah menemani mereka sejak 3 tahun yang lalu.

Tentang alasan mengapa Twitch memutuskan untuk menerima penawaran (dan uang) dari Amazon, Emmett Shear mengatakan kalau Amazon mempunyai visi dan misi yang sama dengan Twitch, serta bisa membantu Twitch untuk lebih berkembang. Yang terpenting, menurut Shear, Amazon berjanji kalau mereka akan membiarkan Twitch menjadi sebuah layanan yang independen, tak terikat dengan entitas apapun. Tentang benar atau tidaknya alasan tersebut, kita tunggu saja apa yang akan terjadi pada Twitch setelah pembelian oleh Amazon ini. Amazon tentu tidak mengeluarkan uang yang hampir mencapai 1 Milyar Dollar itu tanpa menginginkan apa-apa. Sebagai catatan, para pengguna Goodreads sempat terlibat dalam sebuah gejolak ketika startup mereka diakuisisi oleh Amazon.

Yang pasti, selamat bergabung dengan Amazon, Twitch!

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>