Trend Smartphone di 2015, Tambahkan Saja Angka 1

Smartphone in 2014

Bila anda menganggap kalau tahun 2014 merupakan puncak dari banjir smartphone di pasar teknologi dunia, maka anda salah. Di tahun 2015 ini, diperkirakan akan ada lebih banyak lagi model smartphone yang beredar dan bisa kita pilih. Menariknya, nama-nama smartphone yang akan dirilis pada tahun ini, seperti tidak lagi misterius. Cukup tambahkan angka 1 pada setiap model smartphone yang dirilis pada tahun 2014, dan hasil dari penambahan tersebut akan menjadi nama smartphone baru di tahun 2015.

Bagaimana maksudnya?

Xiaomi Mi 4 – Xiaomi Mi 5

Xiaomi Mi 5

Sukses dengan smartphone-smartphone murah di tahun 2014, Xiaomi jelas akan kembali melakukan gebrakan di tahun 2015 ini. Xiaomi Mi 4 yang dirilis pada tahun 2014, akan mendapat penambahan angka 1, menjadi Xiaomi Mi 5 di tahun 2015 ini. Kemungkinan Xiaomi akan membekali smartphone terbaru mereka ini dengan prosesor Snapdragon 805, dan layar yang lebih besar, berukuran 5,5 inchi (Xiaomi Mi 4 hanya 5 inchi). Secara desain, sepertinya tidak akan jauh dari desain iPhone. Kapan diluncurkan? Kemungkinan sekitar pertengahan tahun 2015.

LG G3 – LG G4

LG G4

LG juga akan menambahkan angka 1 pada smartphone flagship mereka LG G3, menjadi LG G4 di tahun 2015 ini. Bedanya? Penggunaan prosesor Snapdragon 810, RAM 4 GB, dan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 4. Selain itu, LG G4 kemungkinan akan diluncurkan dengan ukuran yang lebih mungil, yaitu 5,3 inchi. Smartphone ini rencananya akan diluncurkan LG pada event Mobile World Congress di Barcelona pada awal bulan Maret depan.

Sony Xperia Z3 – Sony Xperia Z4

Sony Xperia Z4

Walau terkesan terlalu terburu-buru saat meluncurkan Sony Xperia Z3 di akhir tahun lalu, namun Sony seperti tidak peduli. Di awal tahun ini, mereka berencana untuk meluncurkan kembali versi terbaru dari Sony Xperia Z, yang mendapat penambahan angka 1, menjadi Sony Xperia Z4. Rencananya smartphone ini akan dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 810, dan RAM 4 GB.

HTC One M8 – HTC One M9

HTC One M9

HTC sepertinya akan tetap mempertahankan nama HTC One, dan tidak akan merubahnya menjadi HTC Two atau HTC Three. Lalu bagaimana mereka akan membedakan smartphone terbaru mereka di tahun 2015 ini? Smartphone yang mereka luncurkan di tahun 2014 terkenal juga dengan nama HTC One M8, dan karena itu di tahun 2015 ini kemungkinan smartphone terbaru mereka akan mendapatkan penambahan angka 1 menjadi HTC One M9. Tak banyak yang akan berubah di HTC One M9, selain penggunaan prosesor Snapdragon 810, RAM 3 GB, dan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 4. Mengikuti langkah LG, HTC One M9 juga akan diluncurkan pada Mobile World Congress (MWC) bulan depan.

Samsung Galaxy S5 – Samsung Galaxy S6

Samsung Galaxy S6

Berhasil atau tidaknya Galaxy S5 dalam menahan laju penjualan iPhone 6 pada tahun lalu memang masih menjadi perdebatan. Namun tahun ini hampir dapat dipastikan kalau Samsung akan meluncurkan Samsung Galaxy S6. Edisi ke-6 dari Samsung Galaxy S ini akan dilengkapi dengan prosesor yang dibuat oleh Samsung sendiri, Exynos 7420, RAM 3 GB, dan Corning Gorilla Glass 4. Selain itu, Samsung juga akan menambahkan layar dengan resolusi yang lebih baik pada Samsung Galaxy S6 ini.

Samsung Galaxy Note 4 – Samsung Galaxy Note 5

Samsung Galaxy Note 5

Layaknya Samsung Galaxy S, seri Samsung Galaxy Note juga akan diperbaharui pada tahun ini. Belum jelas apa yang akan dilakukan Samsung pada tahun ini. Namun dapat dipastikan kalau smartphone-setengah-tablet tersebut akan diberi nama Samsung Galaxy Note 5, dan akan diluncurkan menjelang akhir tahun ini.

iPhone 6 – iPhone 7

iPhone 7

All Hail Apple … iPhone 6 menjadi smartphone yang paling ngetop, walau baru diluncurkan di pertengahan ke-3 tahun 2014. Melihat animo para Apple Fanboy yang begitu gila, tidak mustahil kalau Apple akan meluncurkan iPhone 7 di akhir tahun ini. Seperti biasa, tidak ada yang tahu akan seperti apa iPhoen 7 ini nantinya.

One Plus One – One Plus Two

One Plus Two

Sedikit berbeda dengan smartphone lain yang memilih angka sebagai nama, One Plus lebih memilih ‘teks angka’ sebagai nama. Tapi sama saja, One Plus One yang mereka rilis pada bulan Juni tahun 2014 dikabarkan akan diperbaharui menjadi One Plus Two di tahun 2015 ini, dengan tambahan prosesor Snapdragon 810 dan Corning Gorilla Glass 4. Diperkirakan One Plus Two ini akan diluncurkan menjelang pertengahan tahun 2015.

Moto G (2014) – Moto G (2015)

Moto G 2015

Ketika versi terbaru dari Moto G akan rilis pada tahun kemarin, sempat beredar kabar kalau ia akan diberi nama Moto G 2. Namun Motorola malah melakukan hal yang berbeda, mereka malah memilih untuk mempertahankan nama Moto G saja, tanpa tambahan apapun. Karena itu, untuk membedakannya, Moto G versi terbaru pun diberi tambahan menjadi Moto G (2014 Edition). Dan pada tahun ini, diperkirakan Motorola akan kembali merilis versi terbaru dari Moto G yang mendapat penambahan 1 angka pada nama tahunnya, menjadi Moto G (2015 Edition).

Moto X (2014) – Moto X (2015)

Moto X 2015

Layaknya Moto G, Moto X juga sepertinya tidak akan menambahkan angka apapun di belakang nama mereka. Karena itu, untuk membedakan versi lama dan versi baru dari Moto X, biasanya kita menyebut namanya sesuai dengan tahun peluncuran, seperti Moto X (2014 Edition). Dan tahun ini, jelas mereka juga akan disebut Moto X (2015 Edition), dengan penambahan angka 1 di tahun rilisnya. Kemungkinan smartphone ini akan diluncurkan menjelang kuartal keempat tahun 2015.

Microsoft Lumia 1020 – Microsoft Lumia 2020

Lumia 2020

Apabila Moto G dan Moto X mendapat penambahan 1 angka di bagian belakang, maka Lumia 1020 mendapat penambahan angka 1 di bagian depan. Jadi, kemungkinan pada tahun 2015 ini, Microsoft (bukan Nokia lagi) akan meluncurkan smartphone dengan nama Lumia 2020. Sedikit aneh memang kalau Microsoft merilis smartphone dengan nama Lumia 1021 (penambahan angka 1 di belakang), terdengar janggal bila kita bandingkan dengan smartphone-smartphone Lumia yang lain.

Apakah Trend Smartphone ini Merupakan Hal yang Baik?

Selain iPhone 7 dan Samsung Galaxy Note 5, spesifikasi seluruh produk baru dari masing-masing produsen nampaknya sudah begitu mudah untuk ditebak. Dan hampir semuanya akan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 810, RAM 3 GB, dan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 4. Ini merupakan hal yang menyedihkan … ya, menyedihkan. Karena itu artinya tidak ada inovasi unik yang dibuat oleh para produsen smartphone tersebut. Mereka hanya berpikir untuk memberikan prosesor yang lebih hebat, RAM yang lebih besar, dan kaca anti gores yang lebih bagus. Lalu apa yang membuat mereka berbeda dengan produk-produk lain?

Tapi masih ada harapan selama produk-produk itu belum dirilis. Kita masih berharap untuk bisa melihat produk-produk revolusioner, yang bisa merubah cara berkomunikasi kita ke arah yang lebih baik. Semoga.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>