Trend Mengubah Tweet Menjadi Puisi Dengan PoeTweet

PoeTweet

Puisi, sebuah rangkaian kata-kata indah yang sarat makna. Mungkin tak banyak orang yang sadar kalau mereka sebenarnya mempunyai bakat sastra yang baik dan bisa membuat berbagai puisi indah. Apalagi di jaman sekarang, di mana hampir semua orang hanya terpaku pada kegiatan berselancar di dunia maya, dan tak ada waktu untuk berimajinasi membuat puisi. Karena itu, sebuah website bernama PoeTweet berusaha menyadarkan kita kalau setiap orang sebenarnya punya bakat membuat puisi. Bagaimana caranya?

PoeTweet, Merangkum Kumpulan Tweet Menjadi Puisi Indah

PoeTweet dibuat oleh sebuah pusat kebudayaan kontemporer asal Brazil, B_Arco, yang berusaha menunjukkan kalau setiap orang bisa membuat puisi. Buktinya, mereka setiap hari bisa membuat tweet, di mana semua tweet-tweet tersebut bisa dikumpulkan menjadi sebuah puisi indah.

Cara menggunakan PoeTweet sangatlah mudah. Ketika anda membuka website PoeTweet, hanya ada sebuah field di mana anda bisa memasukkan akun twitter siapapun yang ingin anda buat puisinya. Setelah anda menekan tombol ‘>’ di sebelah kanan field tersebut, maka akan muncul pilihan untuk memilih antara 3 jenis puisi; Sonnet, Rondel, dan Indriso. Sonnet adalah jenis puisi yang biasa dibuat, sedangkan Rondel dan Indriso adalah jenis puisi yang terkenal di Perancis dan Spanyol. Sayangnya, PoeTweet belum membuat pilihan untuk jenis puisi lain seperti Haiku, dan sebagainya.

3Pilihan Puisi yang Disediakan PoeTweet

3Pilihan Puisi yang Disediakan PoeTweet

Setelah itu, akan ada sebuah tampilan loading yang lucu …

Poetweet Loading

Dan voila, puisi anda pun selesai dibuat. Tampaknya, PoeTweet mencari tweet-tweet paling populer yang dibuat oleh akun twitter yang kita masukkan di awal, untuk kemudian dia ambil bagian belakangnya, dan dirangkum menjadi sebuah puisi. Apabila anda memilih untuk membuat puisi Sonnet, akan dipilih tweet-tweet yang bagian belakangnya berima. Jika anda membaca puisi yang dihasilkan, awalnya mungkin terasa sedikit aneh, tapi lama-kelamaan anda akan merasakan keindahannya. PoeTweet ini memang cocok untuk akun Twitter yang biasa menyuarakan pendapat-pendapat pribadi, dan sangat tidak cocok untuk akun-akun berita.

Poetweet Less Tweet

PoeTweet juga mempunyai aturan di mana ia tidak mau membuat puisi apabila akun Twitter yang kita ingin buat puisinya, belum mempunyai jumlah tweet yang cukup. Saya sempat mencoba membuat puisi dari akun Twitter @Jokowi, namun gagal.

Anda tertarik untuk mencoba PoeTweet? Sebelumnya, simak dulu beberapa hasil puisi yang dibuat PoeTweet berikut ini:

FiraBasuki

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>