Tren Layar Cekung: LG Flex VS Samsung Round

flex vs roundBeberapa bulan yang lalu redaksi aitinesia sempat membahas mengenai display fleksibel disini dan sekarang di penghujung 2013, kita dapat menyaksikan penerapan display fleksible tersebut pada smartphone Android. Dimulai dari Samsung Galaxy Round yang telah diluncurkan secara resmi di Korea Selatan dengan harga diatas 1000 USD. Kali ini LG tidak mau kalah, dengan LG G Flexnya.

Ikut kami membandingkan keduanya dalam berbagai aspek. Pegangan!

Penampakan (Round 1: Flex 0)

galaxy round

Seperti yang dapat kita saksikan pada gambar diatas, Round memiliki body yang melengkung, sama halnya dengan Flex pada gambar dibawah. Perbedaannya adalah jika pada Round lengkungan terjadi di axis horizontal, Flex dari LG memiliki lengkungan vertikal. Tentunya kedua spesies ini akan memberikan pengalaman yang berbeda satu sama lain.

LG_G_Flex

Jika diharuskan memilih, saya akan lebih cenderung menggunakan Samsung Galaxy Round disebabkan 2 hal. Yang pertama adalah cekungan horizontal yang memudahkan pengalaman swipe ke kiri dan ke kanan karena genggaman yang lebih sesuai dengan bentuk telapak tangan saat menggenggam. Kedua, dan yang cukup menambah nilai jual Round di mata saya, Android ini akan nyaman disimpan di saku paha celana jeans Anda! Poin kedua tersebut sekaligus menjadi deal-breaker Flex karena saya membayangkan akan sangat sulit menyimpannya di saku celana jeans. Benar kan?

Jeroan (Round 5: Flex 3)

Sebagian besar jeroan utama dari kedua spesies ini sama, seperti prosesor Snapdragon 800, Krait 400, Adreno 330, memory internal 32GB (Flex tidak menyediakan eksternal memory card, menang Round), kamera 13mp serta support untuk LTE (Indonesia, kapan???). Perbedaan ada di sektor OS, dimana Flex menggunakan Android 4.2.2 (Jelly Bean) dan Round menggunakan 4.3 (KitKat). Dapur RAM juga berbeda, dimana Round sudah menggunakan 3GB, Flex masih tertinggal dengan versi 2GB-nya (menang Round lagi). Selain itu, yang cukup signifikan terdapat di layar. Flex memiliki ukuran layar yang lebih luas (yay!) dengan besar 6 inci, sedangkan Round mengekor tidak jauh di 5,7. Meski demikian, Round memiliki resolusi HD 1080 sedangkan Flex masih 720 (yay Round!).

Perbedaan resolusi membuat Round lebih jernih dari Flex, namun GPU dan prosesor Flex akan memiliki beban kerja yang lebih rendah karena hanya menggunakan resolusi 720. Ini poin positif buat gamer (menang Flex) selain akan lebih menghemat daya. Ngomong-ngomong soal daya (baterai), Flex memiliki kapasitas baterai sebesar 3.500mAh, lebih besar dari Round yang hanya memiliki 2.800. (yay Flex!)

Untuk jeroan, skor LG Flex VS Samsung Round adalah 3:4. Perbandingan lebih lengkap dapat dilihat dimari.

Marketing (Round 6: Flex 3)

Samsung Round telah resmi meluncur beberapa minggu yang lalu (meski hanya terbatas di Korea Selatan) sedangkan LG belum (dijadwalkan akan loncing november ini). Round bahkan telah memiliki iklan TV dan harga resminya telah diungkapkan. Bahkan ada komentar miring beredar mengenai penamaan spesies LG baru ini yang mengatakan bahwa hal tersebut adalah sebatas gimmick marketing. Hal ini disebabkan karena kata ‘Flex’ yang cenderung mengarah ke arti ‘Flexible’ sedangkan si Flex ini sendiri hanya melengkung, namun tidak fleksibel. Tampaknya kali ini Round kembali mengalahkan Flex. Cukup telak.

Berikut iklan TV Round:

berikut penampakan Flex dalam video:

Tambahan (Round 6: Flex 5)

Ada beberapa hal menarik lain dari LG Flex, yang pertama adalah fitur self-healing pada bagian belakang handphone yang dapat menyembuhkannya dari luka goresan kecil. Belum ada berita lebih lanjut mengenai apa bahan yang digunakan dan bagaimana fitur tersebut bekerja, namun LG membandingkan (dilansir gsmarena) fitur tersebut dengan kemampuan self-healing yang dimiliki Wolverine dari X-Men. Wow!

Satu lagi, skor Antutu!

skor antutu FlexDengan skor resmi sebesar 33.336, Flex bahkan mengalahkan seri terbaru Galaxy Note yang diklaim sebagai rajanya Android soal spek. Keren!

Kesimpulan (Round 6: Flex 5)

Well, tentunya perbandingan yang sejauh ini saya lakukan lebih bersifat for fun. Pada akhirnya masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan yang tidak dimiliki yang lain. Namun dari perbandingan tersebut secara kasar kita dapat melihat bahwa Samsung Galaxy Round cukup unggul dan patut dijadikan pertimbangan bagi Anda-Anda yang anti mainstream yang segera menginginkan perangkat unik ini. Bukan berarti LG G Flex tidak patut! Bahkan di beberapa pos, Flex menjanjikan sesuatu yang lebih. But then again, kayanya masih perlu waktu untuk mereka berdua tiba di tanah air.

Selain membandingkan, kita dapat melihat adanya sebuah tren baru yang dipelopori oleh raksasa teknologi Korea Selatan (kayanya sih mereka udah janjian). Apakah merk-merk lain seperti Nokia, Motorola, Sony dan yang lain akan ikut serta dalam tren ini? Seperti kata lirik lagu; Biarlah waktu kan menjawab…

 

as always.. terima kasih telah membaca.

 

sumber:

disini, disini, dan disini

 

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

1 Response

  1. Maulana says:

    dari segi bentuk lengkungannya menurut saya round masih lebih oke, karena sekilas seperti layar imax yang memberikan UX yang seru. sementara flex… arah lengkungannya malah membuatnya terlihat rapuh dan rawan patah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>