Tizen OS Mulai Diperkenalkan

TizenKetika pertama kali mendengar kabar tentang Tizen OS, saya sedikit ragu kalau sistem operasi (OS) besutan Samsung ini akan benar-benar bisa lahir. Tapi kenyataannya prediksi saya salah, beberapa smartphone dan tablet berbasis Tizen telah diluncurkan di Jepang, walau baru dengan label ‘only for developers.’ Samsung sepertinya sadar betul kalau sebuah OS akan mati tanpa aplikasi pendukung yang mumpuni, karena itu mereka berusaha menarik para developer terlebih dahulu untuk ‘mengoprek’ Tizen.

Langkah Samsung ini menyusul makin dekatnya Google dengan Motorola. Samsung tak ingin mereka terlalu bergantung dengan Google, karena tak mustahil kalau Google nantinya mulai ‘pilih-pilih’ dalam urusan produksi smartphone berbasis Android. Bila itu terjadi, Samsung pasti akan kelabakan kalau mereka belum mempunyai alternatif sistem operasi yang layak jual. FYI, sebelumnya Samsung juga telah merancang Bada OS, yang cukup oke walau gagal menjadi hits pada zamannya.

Adalah Systena Corporation, yang terpilih untuk mengembangkan device pertama berbasis Tizen OS. Mereka juga-lah yang merancang penyebaran device tersebut di kalangan developer, sekaligus menyediakan support terkait keluhan-keluhan soal device tersebut.

Soal spesifikasi, tablet dengan Tizen OS ini akan bertenaga ARM Cortex-A9 1.4 GHz Quad Core dengan layar 10.1″. Memori internal akan tersedia sebesar 32 GB, dengan RAM 2 GB. Tablet ini juga akan dilengkapi dengan kamera 2 MP. Terdengar seperti biasa yah?

Menarik untuk melihat bagaimana perjuangan Tizen selanjutnya.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>