Ternyata Xiaomi Kerap Meniru Apple

Xiaomi banyak dibilang sebagai “Apple-nya Cina”. Namun rupanya akhir-akhir ini sebutan tersebut lebih merupakan sindiran dibanding pujian. Apa sebab? Rupa-rupanya bukan hanya style berpakaian dan presentasi CEO Apple saja yang dibilang ditiru CEO Xiaomi, desain produk-produk xiaomi kerap dituding meniru desain produk-produk Apple!

Xiaomi kerap meniru apple?

mileivsisteveAwalnya peniruan style Xiaomi yang berkiblat kepada Apple lebih merupakan pujian terhadap sang superstar smartphone yang berbasis di California itu. Seperti kaos hitam dan celana jeans yang selalu dikenakan CEO Xiaomi, Lei Jun, pada saat presentasi produknya yang mirip dengan dandanan khas Stave Jobs. Namun ketika semakin banyak ciri khas Apple yang ditiru oleh Xiaomi, banyak yang semakin memandang Xiaomi dengan nada nyinyir. Sebut saja kalimat “One more thing…” yang biasa digunakan Steve Jobs dalam ujung presentasinya yang juga dicatut Lei Jun – lengkap sampai ke tiga titik yang menyertai kalimat tersebut.

Selain gaya berpakaian dan presentasi, Xiaomi acap kali dituduh memplagiat desain Apple. Berikut Produk-produk Apple yang katanya ditiru Xiaomi:

Mi4

mi4 vs iphone 5sJagoan Xiaomi paling baru ini mendapat pujian sebagai ponselpintar paling ganteng dari Xiaomi sejauh ini. Namun pujian tersebut juga diimbangi dengan celaan yang tidak kalah banyaknya. Pasalnya Mi4 ini memiliki kemiripan yang cukup tinggi dengan desain iPhone 5s.

Mi Power Bank

mi power bankBerikutnya yang masuk ke daftar tersangka pencontekan desain adalah Power Bank Xiaomi. Aksesoris yang baru saja meluncur di Indonesia via Lazada ini ternyata memiliki kemiripan desain dengan produk MP3 Apple; iPod.

Mi Router Mini

mi router‘Peminjaman’ desain Apple belum berhenti di Power Bank. Bahkan kedua gadget ini memiliki fungsi yang sama sekali berbeda. Mi Router Mini yang digunakan sebagai medium untuk terhubung secara nirkabel memiliki desain yang sungguh sangat mirip dengan Magic Trackpad Apple.

Mi Box

mi boxProduk yang satu ini tidak hanya meniru dari segi desain. Tidak tanggung-tanggung, MiBox yang dapat menyulap TV anda menjadi perangkat Android ini juga meniru Apple TV dari sisi warna, ukuran, sampai foto yang digunakan untuk promosi.

Mi Pad

mi pad

Tablet Xiaomi pertama juga melengkapi portfolio produk Xiaomi yang meniru Apple. Selain ‘meminjam’ desain iPad mini, pilihan warna yang ditawarkan juga mengingatkan banyak orang kepada iPhone 5C.

mipad vs iphone 5c

Mencontek Apa Lagi?

Selain produk, Xiaomi juga meniru hal-hal lain. Dan ternyata tidak hanya Apple yang jadi sasaran. Materi promosi Mi3-pun sempat menjadi bulan-bulanan publik ketika ketahuan bahwa galeri yang ditayangkan ternyata mencatut dari gambar milik orang/instansi lain tanpa izin.

mi3 gallery vs flickr

 

Contohnya foto anak kecil dengan kepala yang terbalut kain merah ini merupakan foto milik seseorang fotografer yang mengunggah hasil jepretannya di flickr. National Geographic juga sempat menjadi sasaran aksi Xiaomi ini.

Terlepas dari kegiatan peminjaman desain dari Apple, kasus diatas memicu public shaming yang ditujukan kepada startup yang tengah naik daun di Indonesia ini. Hal ini disebabkan karena selain beberapa foto diambil tanpa izin, pemajangan foto tersebut seharusnya menjadi contoh kualitas gambar yang dihasilkan oleh Mi3 – dengan kata lain, Xiaomi telah membohongi para calon pembelinya.

Atas hal ini, Xiaomi telah mengganti gambar-gambar yang diunggah sebagai materi promosi tersebut.

Ngomong-ngomong soal materi promosi Mi3, ternyata render digital produk Mi3 di bagian kamera mencatut habis-habisan logo aplikasi kamera Apple.

mi3vsapplecam

Mungkin tidak terlalu terlihat jelas secara sekilas, namun jika kita bandingkan berdekatan, akan tampak sama bahwa desain kamera tersebut sama persis dengan yang dimiliki Apple.

mi3 cam iconJika Anda merasa semua ini telah berhenti di kasus diatas, Anda keliru. Belum terlalu lama Xiaomi meluncurkan aksesoris kecil yang ditempatkan di lubang headphone yang berfungsi sebagai pengatur profil layaknya NFC tag. Aksesoris ini sebelumnya merupakan produk sebuah startup bernama Pressy.

mi dan pressy

Jika untuk memiliki produk Pressy Anda membutuhkan $27, Xiaomi menawarkan aksesoris dengan fungsi yang sama dengan harga dibawah $3.

Mi Store VS Apple Store

Selain produk, ternyata konsep toko Xiaomi juga dibilang mencontek konsep toko Apple. Dengan ruang display yang berisikan meja kayu di tengahnya untuk menunjukan demo produk-produknya. Hal ini tentu tidak akan dipermasalahkan dan menyeruak ke permukaan jika saja Xiaomi tidak begitu blak-blakan mencontek materi-materi desain Apple.

mistorevsapplestore

Clone VS Ekspansi

Diluar masalah etis, strategi Xiaomi terbukti sangat berhasil di negara asalnya. Wajar mengingat nama besar Apple dan iPhone sendiri sangat populer di Cina, dan Xiaomi menawarkan sesuatu yang serupa dengan harga yang tidak sampai separuhnya.

Strategi kloning atas hal-hal yang telah dijelaskan diatas sampai saat ini telah membantu Xiaomi dalam melakukan ekspansi besar-besaran yang telah dicita-citakan. Sebut saja India, Singapura, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri peluncuran produk-produk Xiaomi-pun disambut dengan antusiasme yang sangat baik. Namun dengan stratergi kloning sekarang, tentunya area ekspansi Xiaomi menjadi terbatas. Jelas Xiaomi akan sangat susah menembus pasar seperti Amerika Serikat. Pasukan pengacara Apple tentu akan bergegas mengetuk pintu markas Xiaomi dalam sekejap ketika mereka mulai membangun ekspansinya disana.

Jadi, Xiaomi harus berpikir keras dalam merumuskan desain-desain baru tanpa bau-bau Apple (dan produk lain pastinya) serta menambah usaha dalam promosinya (kopi-paste icon orang kan males banget..) jika ingin meluaskan ekspansinya ke seluruh dunia, atau… mereka tetap akan menyasar ke negara-negara dimana hal-hal tersebut tidak menjadi masalah.

 

 

sumber dan gambar:

techcrunch | cultofandroid

 

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

3 Responses

  1. mameg says:

    saya rasa sejauh ini tidak akan jadi masalah selama itu tidak sama persis dengan produk yg ditirunya, dan dengar2 CEO xiaomi sebelum ia mendirikan xiaomi, ia adalah seorang Apple Product user, mungkin ini suatu apresiasi darinya atas produk2 Apple yg ia kagumi, dan ia hanya terinspirasi

  2. Plagiat says:

    Sekali plagiat, tetap plagiat. Negara nggak punya jati diri. Cuihhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>