Telegram Mengeluarkan Fitur Voice Call

Kemarin Telegram resmi meluncurkan fitur panggilan di aplikasi mereka. Dewasa ini fitur tersebut sudah menjadi standar tersendiri untuk aplikasi – aplikasi pengiriman pesan seperti WhatsApp dan LINE,dua di antara sekian banyak aplikasi sejenis yang populer di Indonesia . Antusiasme masyarakat saat WhatsApp meluncurkan WhatsApp Call dua tahun silam adalah buktinya.

Telegram memang terlambat namun lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali .

Kemudian apa saja keunggulan yang ditawarkan oleh Telegram dengan fitur anyarnya ini?

Keamanan

Dari sisi keamanan,Telegram menggunakan enkripsi yang sama dengan yang mereka pakai pada fitur Secret Chat. Enkripsi yang mulai digunakan oleh Telegram sejak 2013 ini memastikan bahwa tidak Man in the Middle(MitM) yang menyadap percakapan. Namun User Interface yang digunakan masih tergolong rumit dan Telegram ingin memberikan kemudahan sekaligus keamanan . Untuk itu ,pengguna cukup membandingkan keberadaan empat buah emoji di layar mereka dan layar pengguna yang akan dipanggil .

e03a39c31f5656df61

Kecepatan

Untuk memberikan layanan tercepat, Telegram menggunakan jaringan peer-to-peer dengan codec audio terbaik yang menghemat penggunaan data namun tetap menyediakan kualitas suara yang jernih.

Jika fasilitas peer-to-peer ini belum tersedia di lingkungan pengguna,Telegram akan mengalihkan panggilan untuk berjalan di atas infrastruktur server mereka yang tersebar di berbagai tempat yang selama ini menyokong sistem pengiriman teks. Panggilan akan disalurkan ke server terdekat dari si pengguna yang selanjutnya menghubungi server terdekat dari yang dipanggil.

Kecerdasan Buatan

Telegram , dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggannya juga memanfaatkan Artificial Intelligence (AI). Peran AI untuk Telegram Calls adalah mempelajari percakapan antara pemanggil dan pihak di seberang panggilan. Yang dicatat oleh AI adalah hal-hal teknis seperti kecepatan jaringan,lama waktu ping,persentase paket yang hilang dan lain sebagainya. Apa isi percakapan itu sendiri tidak dicatat oleh si AI.

Informasi dari parameter terkait kemudian akan dimanfaatkan untuk optimalisasi layanan misalnya ketika jaringan di tempat pengguna tiba-tiba melemah,Telegram akan menggunakan lebih sedikit data dari biasanya.

Kendali Terhadap Panggilan

Dalam berkomunikasi,tidak jarang seseorang merasa terganggu dengan panggilan tertentu misalnya yang dilakukan secara beruntun. Telegram turut memfasilitasi penggunanya dengan kemudahan untuk memblok panggilan dari nomor-nomor tertentu atau atau bahkan memblok panggilan sama sekali. Bisa juga diatur supaya hanya segelintir orang yang dapat melakukan panggilan terhadap kita. Terdapat juga pilihan supaya hanya kontak yang terdaftar yang dapat memanggil nomor si pengguna.

4284f45dd783ad1739

Demikian kelebihan-kelebihan terbaru Telegram versi 3.18 yang baru mengalami pembaruan tanggal 30 Market kemarin. Sudahkah anda mencobanya?

Nawir

Seorang pembaca buku, pecinta alam semesta, penyuka filsafat, penonton film.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>