Telegram, Aplikasi Pengiriman Pesan Yang Ikut Terbang

Telegram

Telegram mendapat perhatian yang besar untuk pertama kalinya ketika WhatsApp tiba-tiba down sesaat setelah diakuisisi oleh Facebook. Aplikasi pengiriman pesan yang dibuat oleh Nikolai Durov dan Pavel Durov ini menjadi salah satu alternatif yang muncul apabila WhatsApp benar-benar down untuk waktu yang lama, atau dirombak habis-habisan oleh Facebook. Kini, mungkin perhatian tersebut bisa diarahkan lagi kepada mereka, yang baru saja menembus angka 35 Juta pengguna aktif setiap bulannya. Hal ini diumumkan sendiri oleh Telegram lewat akun Twitter mereka.

Hal ini merupakan angka yang menakjubkan bila melihat Telegram yang baru mempunyai 100.000 pengguna harian yang aktif pada bulan Oktober 2013. Apalagi bila kita juga melihat angka 8 Milyar pesan yang terkirim setiap bulannya. Bila kita menggambarnya dalam sebuah grafik, maka akan terlihat kenaikan yang saaaangat tajam. Terima kasih kepada pemberitaan WhatsApp – Facebook yang mempunyai andil dalam terciptanya rekor 5 juta download dalam 1 hari terhadap Telegram, yang membuat mereka kini jadi demikian besar.

Salah satu fitur yang menarik dan membuat Telegram banyak disukai adalah ‘Secret Chat’, di mana kita bisa saling megirim pesan yang bisa langsung hilang dari device kita dan server Telegram beberapa saat kemudian. Sangat mirip dengan Snapchat, hanya saja dalam bentuk aplikasi pengiriman pesan. Dan proses pengirimannya sendiri diamankan dengan enkripsi khusus, sesuatu yang tidak dilakukan WhatsApp. Satu kekurangan Telegram adalah mereka, seperti VKontakte (pendahulunya yang juga dibuat oleh Nikolai dan Pavel Durov), belum memiliki konsep bisnis yang jelas, sehingga kelangsungan hidupnya masih dipertanyakan.

Telegram telah membuktikan kalau mereka juga bisa menjadi besar di tengah-tengah para raksasa. Tidak ada salahnya membuat startup dengan tema yang ‘pasaran’, asal kita punya keunikan yang menjadi kelebihan kita.

Sumber Gambar : independent.co.uk

 

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>