Tahun Depan, Xiaomi Akan Meluncurkan Laptop / Notebook

(Sumber Gambar : loadthegame.com)

(Sumber Gambar : loadthegame.com)

Status sebagai produsen smartphone terbesar nomor 4 di dunia, sudah diraih oleh Xiaomi. Valuasi atau nilai startup yang didirikan pada tahun 2010 ini pun telah meroket ke angka 45 Miliar Dollar (sekitar 666 Triliun Rupiah). Namun prestasi tersebut nampaknya belum juga membuat Xiaomi puas. Richard Lee, pimpinan dari sebuah produsen laptop besar yang berbasis di Taiwan, Inventec, pada tanggal 23 September kemarin mengumumkan kalau perusahaannya akan membuat Laptop untuk Xiaomi. Xiaomi akan meluncurkan laptop tersebut di semester pertama tahun 2016.

Informasi ini seolah menegaskan sebuah isu yang beredar di awal bulan ini, yang menyebutkan kalau Xiaomi berniat bersaing dengan Apple, Samsung, dan Lenovo dalam segala bidang. Xiaomi jelas telah mampu bersaing dengan mereka di bisnis smartphone, dan karena ketiga produsen tersebut juga memproduksi Laptop, Xiaomi pun berniat untuk ikut masuk ke dalam pasar tersebut. Sayangnya, pada waktu itu Xiaomi belum mau berkomentar terkait isu tersebut. Namun kini, sepertinya isu ini tidak bisa diragukan lagi kebenarannya.

Laptop Xiaomi, Akankah Menjadi Laptop Murah Berkualitas?

Selama ini, Xiaomi dikenal sebagai produsen smartphone dengan spesifikasi yang berkualitas, namun dengan harga yang murah. Efisiensi dalam produksi dan pemasaran produk, diklaim sebagai alasan di balik harga produk yang murah tersebut. Strategi yang sama juga mereka terapkan ketika meluncurkan kamera action Xiaomi Yi, yang menjadi alternatif lebih murah dari kamera action terkenal, Go Pro.

Karena itu, ketika mendengar tentang pengumuman di atas, muncul pertanyaan apakah Xiaomi juga akan menerapkan strategi yang sama ketika membuat Laptop? Daniel van Boom, seorang jurnalis CNET, mengatakan kalau apabila Xiaomi bisa membuat laptop berkualitas dengan harga murah, hal itu bisa mengguncang pasar laptop dunia. Terkait spesifikasi laptop yang akan dibuat oleh Xiaomi, belum ada informasi yang pasti, namun dikabarkan kalau Xiaomi akan menggunakan prosesor yang diproduksi oleh pesaing mereka di bisnis smartphone, Samsung.

Berbagai Produk yang Dibuat Oleh Xiaomi

Laptop, tidak menjadi produk non-smartphone pertama yang dibuat oleh Xiaomi. Seperti disebutkan di atas, Xiaomi telah membuat kamera action yang bernama Xiaomi Yi. Selain itu, mereka juga membuat Router, Mini TV Box, Smart TV, dan gelang pintar yang bernama Mi Band. Tak cukup sampai di situ, Xiaomi juga memproduksi ‘barang-barang aneh’ seperti colokan listrik (power strip), penjernih ruangan, lampu, hingga timbangan. Kalau istilah di Indonesia, Xiaomi benar-benar merupakan produsen Palugada (Apa Lu Mau, Gue Ada).

Bahkan, baru-baru ini mereka juga bekerjasama dengan China Mobile dan China Unicom, 2 penyedia layanan telekomunikasi besar di Tiongkok, untuk membuat layanan Mi Mobile. Dengan menumpangi infrastruktur yang telah dibuat oleh kedua provider tersebut, Mi Mobile pun menjadi sebuah virtual network operator yang bisa melayani telekomunikasi antar pengguna Xiaomi yang tinggal di Tiongkok.

Tampaknya, Xiaomi tengah berada dalam perjalanan untuk menjadi sebuah perusahaan teknologi terbesar di dunia. Bila dalam waktu 5 tahun sejak berdiri mereka telah sebesar sekarang, kira-kira akan seperti apa Xiaomi dalam 5 tahun mendatang?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>