Sudahkah Anda Membuat Aplikasi Android?

Android

Mengapa kita harus membuat aplikasi Android? Jawaban dari pertanyaan tersebut sepertinya sangatlah mudah. Kita semua sudah tahu kalau sistem operasi yang paling banyak dipakai oleh smartphone masa kini adalah Android. Jutaan orang menggunakannya di seluruh dunia, dan hal itu sendiri sudah menjadi alasan yang kuat untuk ‘ikut-ikutan’ membuat aplikasi Android. Khususnya untuk para programmer dan mahasiswa jurusan Teknik Informatika, kemampuan membuat aplikasi Android sepertinya bisa jadi nilai plus dalam mencari kerja nanti.

Android sendiri adalah sistem operasi yang dibuat oleh Android Inc., sebuah startup yang didirikan oleh para programmer yang telah lama malang melintang di perusahaan teknologi. Setelah berkeliling mencari pendanaan, termasuk kepada Samsung, Android Inc. akhirnya dibeli oleh Google pada tahun 2005. Sejak saat itu, Android dan Google pun bekerja sama untuk mengembangkan sistem operasi mereka hingga seperti yang kita lihat dan rasakan saat ini.

Jadi, selain banyaknya pengguna yang memakai Android, apa lagi alasan yang bisa mendorong kita untuk membuat aplikasi Android?

Kemudahan Penyebaran

Setiap aplikasi Android yang dibuat, punya kesempatan untuk menjadi besar dan terkenal. Dan semuanya tergabung di dalam sebuah ‘pasar’ yang bernama Google Play Store. Hampir semua device yang memakai Android sebagai sistem operasi, mempunyai Google Play Store di dalamnya. Dan para pengguna pun sepertinya sangat menyukai mencari aplikasi di aplikasi tersebut, yang menyebabkan penyebaran aplikasi untuk Android menjadi lebih mudah dan cepat.

Proses memasukkan aplikasi buatan kita ke dalam Google Play Store pun relatif mudah. Tidak ada proses approval yang berbelit-belit. Kita hanya perlu mengikuti seluruh aturan yang dibuat Google Play Store terkait bentuk dan isi aplikasi, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Yang patut diingat adalah Google Play Store bisa diakses oleh siapapun dan di mana pun, karena itu penyebaran aplikasi yang berbau kekerasan dan pornografi sebaiknya dihilangkan.

Sistem Operasi Terbuka

Yang dimaksud dengan sistem operasi terbuka adalah tidak ada satu pihak pun yang menahan source code (kode pemrograman) untuk sistem operasi tersebut. Semua orang bisa mengakses kode-kode tersebut, dan merubahnya sesuai keperluan dan selera. Hal ini membuat pengembangan aplikasi Android bisa membuat sistem operasi teersebut berubah secara drastis.

Cross-Compatibility

Android adalah sistem operasi yang cross-compatible, yang artinya sebuah aplikasi Android bisa digunakan untuk berbagai macam device. Smartphone berukuran besar dan kecil, baik mempunyai kamera atau tidak, resolusi tinggi atau rendah, semua bisa dilayani oleh Android.

Konektivitas Baik

Kita bisa dengan mudah menghubungkan sebuah aplikasi Android dengan aplikasi-aplikasi lain semisal GPS yang tertanam di dalam smartphone, kontak telepon, dan lain-lain. Seperti yang pernah dijelaskan di artikel sebelumnya tentang Pesta Digital 2014, semua hal tersebut bisa menjadi mungkin berkat adanya Application Programming Interface (API).

 

Sumber Gambar : designlap.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>