Startup Asia Jakarta 2014, Apa Saja Yang Akan Ada di Sana?

Startup Asia

Event teknologi dalam skala besar yang diadakan di Indonesia biasanya hanya berupa pameran dan penjualan produk. Namun sebentar lagi, kita akan menyambut sebuah acara yang berbeda. Acara tersebut diharapkan akan membawa nuansa baru bagi perkembangan teknologi informasi di Indonesia, karena tema utama acara tersebut adalah mempercepat perkembangan startup alias budaya entrepreneur yang berbasis teknologi di Indonesia. Acara yang saya maksud adalah Startup Asia Jakarta 2014.

Startup Asia adalah sebuah acara yang digagas oleh sebuah website teknologi terkenal di Asia, yaitu Tech In Asia (sebelumnya bernama Penn Olson). Dalam acara tersebut, berkumpul semua pihak yang dibutuhkan untuk membangun sebuah budaya startup yang baik, yaitu para pembuat startup itu sendiri, para programmer dan desainer yang dibutuhkan untuk membangun startup, para investor yang siap mengucurkan uangnya untuk mendanai startup yang potensial, serta para media yang akan mempublikasikan berita terkait startup-startup tersebut. Sejak dimulai pertama kali pada tahun 2012 di Jakarta, kini Startup Asia menjadi agenda rutin yang berlangsung 3 kali dalam setahun di 3 kota besar di Asia, yaitu Singapura, Tokyo, dan Jakarta. Acara ini diharapkan bisa menjadi semacam TechCrunch Disrupt-nya Benua Asia.

Di akhir tahun ini, Tech In Asia memutuskan untuk kembali mengadakan event Startup Asia ini di Jakarta. Sebuah pilihan yang terasa tepat bila kita melihat perkembangan startup di Indonesia yang telah begitu pesat. Hal itu terbukti dari dibuatnya beberapa Digital Valley, alias tempat pemusatan pembuatan startup, di beberapa kota besar di Indonesia. Startup Asia Jakarta 2014 sendiri akan diadakan selama 2 hari penuh pada tanggal 26 – 27 November 2014 mendatang di Lantai 9 Plaza Bapindo 1, Bank Mandiri Tower, Jl. Jenderal Sudirman Kav 54-55, Jakarta Selatan.

Lalu, apa saja yang akan ada di Startup Asia Jakarta 2014 nanti?

Keynote Speakers

Ada sekitar 45 pembicara terkenal yang akan hadir di Startup Asia Jakarta 2014. Mereka terdiri dari para entrepreneur pendiri startup, para investor yang sedang mencari startup menjanjikan untuk diberikan modal, dan pihak-pihak lain yang diharapkan bisa memberikan inspirasi dalam perkembangan startup di Indonesia. Berbagai topik menarik akan mereka bahas, mulai dari perkembangan E-Commerce di Indonesia, iklim investasi startup di Indonesia, hingga peranan perempuan dalam perkembangan dunia startup. Seluruh Keynote Speak akan diadakan di World Domination Room.

Kickstart Forum

Selain para Keynote Speakers yang akan bergantian menjadi pembicara di panggung utama, ada juga sesi Kickstart Forum yang akan berlangsung di hari pertama acara. Dalam Kickstart Forum ini akan dibahas berbagai hal yang perlu diketahui oleh para pendiri startup pemula, mulai dari bagaimana cara melakukan pitching, bagaimana cara menjadi sebuah startup yang populer, dan lain-lain.

Startup Arena

Startup Asia 1

Telah ada 10 startup pilihan yang berasal dari berbagai negara di Asia. Mereka semua akan bersaing dalam sebuah kompetisi, di mana mereka harus mempresentasikan startup yang mereka buat, untuk memperebutkan hadiah utama sebesar 10.000 Dollar. Akan ada 4 juri yang akan menilai startup-startup tersebut, dan seluruh juri tersebut merupakan para petinggi firma pendanaan terkenal, yaitu Wilson Cuaca (East Ventures), Khailee Ng (500 Startups), Stefan Jung (Monk’s Hill Ventures), dan Jayesh Parekh (Jungle ventures). Para juri tersebut nantinya akan menilai para peserta dari sisi kemampuan presentasi, tampilan demo, serta potensi startup tersebut untuk bisa menghasilkan uang di kemudian hari. Event Startup Arena ini akan berlangsung di arena Startup Asia Jakarta 2014 pada tanggal 27 November 2014.

Bootstrap Alley

Bootstrap Alley adalah deretan booth di mana puluhan startup akan memamerkan produk mereka sepanjang gelaran event Startup Asia Jakarta 2014. Setiap startup akan disediakan booth yang berukuran 1 x 1,2 meter. Bagi startup yang membutuhkan tambahan sumber daya manusia, mereka bisa memasang sticker bertuliskan “Hiring” di lokasi booth mereka. Sticker tersebut akan berguna ketika panitia menghadirkan ratusan mahasiswa dari berbagai Universitas terkenal di Jakarta, Bandung, dan Depok pada hari kedua acara. Acara yang diberi nama “Hiring Day” ini diharapkan bisa memberikan kesempatan kepada para startup untuk bisa mendapatkan tambahan personel yang berkualitas. Sebaliknya, hal ini juga bertujuan untuk mengenalkan budaya startup kepada para mahasiswa serta memberi mereka kesempatan untuk bekerja di salah satu startup.

Speed Dating

Speed Dating adalah sesi ‘kencan singkat’ yang mempertemukan startup dengan para investor. Setiap perwakilan startup yang hadir di Startup Asia Jakarta 2014 punya 3 kali kesempatan untuk bertatap muka dengan para investor yang bisa mereka pilih. Total ada 30 investor yang direncanakan hadir. Para investor tersebut punya target pasar yang berbeda-beda, serta hanya berminat pada startup-startup tertentu saja. Karena itu, setiap startup yang ingin mengikuti Speed Dating diharapkan untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu dan memilih dengan baik investor mana yang ingin mereka temui, karena kesempatan mereka untuk ‘berkencan’ dengan para investor tidak boleh lebih dari 5 menit.

Meet The Media

Hampir sama dengan Speed Dating, Meet The Media juga merupakan suatu acara di mana para perwakilan startup bisa ‘berkencan’. Namun kali ini mereka bukan berkencan dengan investor yang bisa mendanai startup mereka, melainkan dengan media yang bisa meliput dan meningkatkan popularitas startup mereka. Akan ada 7 media yang dijadwalkan hadir, dan setiap media punya jadwal kencan masing-masing. Yang membedakan Meet The Media dengan Speed Dating adalah waktunya yang lebih lama, yaitu 10 menit, dan tidak ada batasan jumlah media yang bisa ditemui sebuah startup.

Office Hour

Tak jauh berbeda dengan Speed Dating dan Meet The Media, di acara Office Hour ini para perwakilan startup bisa bertemu dengan perusahaan atau startup lain yang telah besar untuk bekerja sama dalam hal-hal tertentu dalam mengembangkan startup. Dengan bertemu perusahaan-perusahaan tersebut, sebuah startup bisa mendapatkan keuntungan dari sisi promosi, kemudahan sistem pembayaran, dan lain-lain.

Hackathon

Hackathon adalah event yang berlangsung selama 2 hari, di mana para developer yang ikut serta harus bekerja non-stop untuk membuat sebuah aplikasi yang menarik. Hackathon ini sendiri sudah berlangsung pada tanggal 15 – 16 November 2014 yang lalu di Kampus Syahdan, Universitas Bina Nusantara. 3 orang praktisi startup ditunjuk sebagai juri pada saat itu, mereka adalah Andrias Ekoyuono (Ideosource), Daniel Armanto (Adskom), dan Richard Fang (Weekend Inc.). Pemenang dari Hackathon tersebut akan hadir di acara Demo Day di hari kedua Startup Asia Jakarta 2014 untuk mempresentasikan hasil karya mereka, dan memperebutkan hadiah utama berupa uang tunai 1.000 Dollar dan berbagai hadiah menarik lainnya.

Aitinesia sendiri akan hadir di acara tersebut, dan menceritakan semua hal menarik yang ada di sana kepada para pembaca tercinta. Bagi pembaca yang berminat untuk hadir di acara tersebut, silakan lihat daftar harga tiketnya di link berikut : http://startupasia.techinasia.com/jkt2014/register-for-indonesians/

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>