Spesifikasi Lengkap Asus Zenfone 2, Smartphone Pertama Dengan RAM 4 GB

Asus Zenfone 2 3

Saat ini, seiring dengan makin banyaknya aplikasi mobile yang digunakan oleh masyarakat, kebutuhan akan Random Access Memory (RAM) menjadi sangatlah penting. RAM merupakan komponen komputer dan smartphone yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara untuk membantu proses yang sedang berjalan. RAM yang tidak mencukupi, bisa membuat aplikasi yang berjalan langsung mati tiba-tiba (forced close). Beberapa pembuat aplikasi sudah coba mengakali masalah ini dengan membuat aplikasi yang tidak boros RAM. Adapun di sisi produsen smartphone, mereka sudah mencoba untuk mengatur pemakaian RAM agar tidak sering-sering terjadi forced close.

Namun ada juga produsen seperti Asus yang mengambil langkah berbeda dengan menambahkan kapasitas RAM. Semangat inilah yang coba diusung Asus dalam produk terbarunya, Asus Zenfone 2. Sebagai informasi, smartphone-smartphone yang dijual saat ini kebanyakan hanya dilengkapi dengan RAM berkapasitas 0,5 atau 1 GB, Dan Asus pun langsung mengalahkan mereka semua dengan RAM yang berkapasitas 4 GB ! Asus Zenfone 2 pun tercatat sebagai smartphone pertama di dunia yang menggunakan RAM sebesar itu.

Asus Zenfone 2 6

Mungkin muncul pertanyaan, mengapa namanya Zenfone 2, bukankah sebelumnya sudah ada Zenfone 4, Zenfone 5, dan Zenfone 6? Tenang saja, Zenfone 2 ini tidak lebih buruk dari pendahulu-pendahulunya, yang kini sudah genap berusia 1 tahun. Sebelumnya Asus memang menggunakan angka 4, 5, dan 6 untuk menandakan ukuran dari produk-produk Zenfone generasi pertama yang masing-masing berukuran 4 inchi, 5 inchi, dan 6 inchi. Nah, ketika mereka akan meluncurkan produk baru, mereka pun bingung ingin memberi nama apa, hingga akhirnya keluarlah nama Zenfone 2 ini. Angka 2 dipilih sebagai penanda kalau produk ini adalah kelanjutan dari produk-produk Zenfone sebelumnya. Namun kali ini Asus merilisnya hanya dalam 1 ukuran, yaitu 5,5 inchi. Jadi, produk Zenfone 4 dan Zenfone 5 sepertinya akan tetap diproduksi untuk memuaskan penggemar Asus yang menginginkan smartphone dengan layar yang lebih kecil.

Spesifikasi Lengkap Asus Zenfone 2

Prosesor Quad Core, Intel Atom Z3580 2,3 GHz (berbeda untuk beberapa wilayah)
RAM 2 GB atau 4 GB
Layar 5,5 inchi IPS Touchscreen, 1080 x 1920 piksel
Memori Internal 16 GB / 32 GB / 64 GB
Kamera 13 megapiksel (kamera depan), 5 megapiksel (kamera depan)
Sistem Operasi Android OS 5.0 (Lollipop)
Baterai 3.000 mAh
Lain-Lain LTE (4G), Dual SIM, Slot Micro SD, NFC, Gorilla Glass 3

Sebagai ‘anak baru’ di belantika smartphone dunia, Asus pun melengkapi Zenfone 2 dengan berbagai spesifikasi kelas atas agar bisa bersaing dengan smartphone-smartphone lainnya. Selain RAM dengan kapasitas yang sangat besar, Zenfone 2 pun mengalami kenaikan tingkat di sisi Processor. Bila sebelumnya mereka hanya menggunakan prosesor Dual-Core, kini Intel menyuplai mereka dengan prosesor Atom baru yang bertenaga Quad-Core. Prosesor ini pun menjanjikan performa maksimal, dan kita harapkan tidak akan sering bermasalah seperti yang terjadi pada smartphone Zenfone generasi sebelumnya.

Asus Zenfone 2 5

Selain untuk urusan ‘daleman’, Zenfone 2 pun mempunyai keunggulan di sisi kamera. Kamera Pixelmaster bertenaga 13 megapiksel yang mereka gunakan diklaim sebagai Kamera dengan Teknologi High Dynamic Range (HDR) Terbaik di Dunia. Selain itu, Asus Zenfone 2 juga dilengkapi dengan kamera depan yang berukuran 5 megapiksel, salah satu yang terbaik di kelasnya. Dan untuk mendukung teknologi ini, Asus pun menambahkan aplikasi-aplikasi fotografi yang menarik di dalam Asus Zenfone 2, sesuatu yang telah mereka lakukan sejak generasi pertama Asus Zenfone.

Sayangnya, dengan berbagai teknologi mutakhir di dalamnya, Asus Zenfone 2 ini malah dilengkapi dengan kapasitas baterai yang hanya 3.000 mAH, masih lebih kecil dari saudara tua mereka Asus Zenfone 6. Muncul kekhawatiran kalau kapasitas baterai tersebut tidak akan bertahan lama, apalagi Asus Zenfone 2 menggunakan resolusi layar yang sangat tajam 1080 x 1920 piksel (biasa disebut dengan istilah Full High Definition / Full HD). Untuk mengatasi hal ini, Asus pun menambahkan fitur Fast Battery Charging, yang katanya bisa mengisi 60% kapasitas baterai hanya dalam waktu 40 menit.

Sebagai tembahan, Asus Zenfone 2 ini juga telah mendukung teknologi 4G yang kini tengah ‘booming’ di Indonesia. Selain itu, Asus juga masih akan melengkapi smartphone terbarunya ini dengan slot SD Card untuk memori tambahan, dan kaca anti gores Gorilla Glass 3.

Kapan Asus Zenfone 2 Ini Mulai Dijual?

Namun, para penggemar Asus Zenfone yang ‘ngebet’ menginginkan smartphone ini, diharapkan untuk bersabar karena Asus baru akan memulai penjualannya di bulan Maret 2015. Adapun untuk harga Asus Zenfone 2 ini, untuk spesifikasi yang paling rendah (RAM 2 GB dan prosesor 1,8 GHz) akan dijual dengan harga 199 Dollar, atau sekitar Rp 2.500.000,-. Asus Zenfone 2 ini akan dijual dengan 5 pilihan warna; Osmium Black (Hitam), Sheer Gold (Emas), Glacier Grey (Abu-Abu), Glamor Red (Merah), Ceramic White (Putih).

Asus Zenfone Zoom

Asus Zenfone Zoom

Selain Zenfone 2, di gelaran Consumer Electronic Show (CES) yang saat ini sedang berlangsung di Amerika Serikat, Asus juga memperkenalkan Asus Zenfone Zoom yang spesifikasinya sama dengan Asus Zenfone 2 namun dengan kamera berteknologi 3x Optical Zoom. Asus rencananya akan menjual Zenfone Zoom ini dengan harga 399 Dollar, atau sekitar Rp 5.000.000,-.

Bagaimana, anda tertarik untuk membeli smartphone terbaru dari Asus ini?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>