[Preview] Spesifikasi Asus Padfone S + Hands On

Asus Padfone SAsus Padfone S saat ini tengah menjadi buah bibir di kalangan penggemar gadget di Indonesia. Selain karena spesifikasi yang begitu canggih dengan harga yang ramah di kantong, alasan lain Padfone generasi terbaru ini banyak diperbincangkan adalah karena sulitnya mencari barang tersebut. Bahkan hingga berita ini ditulis website resmi Asus yang melayani penjualan masih belum menyediakan produk ini.

Asus Padfone S

Kondisi demikian menyebabkan banyaknya beredar penjualan dengan harga mark-up di situs jual beli online seperti Kaskus. Hal yang sama juga terjadi pada produk tenar Asus sebelumnya: Zenfone 5.

Nah, Spesifikasi macam apa sih yang menyebabkan banyak orang tergila-gila dan rela membayar diatas harga resmi untuk Asus Padfone S ini? Mari kita simak selengkapnya

Spesifikasi Asus Padfone S

Dilansir dari GSMArena, berikut spesifikasi lengkap Asus Padfone S dengan sedikit penyesuaian:

Jaringan Teknologi GSM / HSPA / LTE
2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G HSDPA 900 / 1900 / 2100
4G LTE 700 / 900 / 1700/2100 / 1800 / 1900 / 2100 / 2600
LTE 800 / 900 / 1700/2100 / 1800 / 1900 / 2100 / 2600
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Launch Diumumkan 2014, Maret
Status Available. Released 2014, July
Body Dimensi 143.4 x 72.5 x 10 mm (5.65 x 2.85 x 0.39 in)
Berat 150 g
SIM Micro-SIM
- Padfone Station berukuran 9 inci IPS display, 1920 x 1200 pixels, 4990 mAh battery, kamera depan. 250.4 x 172.3 x 11.6 mm, 514 gram
Display Type Super IPS+ LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.0 inci (~66.3% screen-to-body ratio)
Resolution 1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)
Multitouch Ya, up to 10 fingers
Proteksi Corning Gorilla Glass
Platform OS Android OS, v4.4.2 (KitKat)
Chipset Qualcomm MSM8974AB Snapdragon 801
CPU Quad-core 2.3 GHz Krait 400
GPU Adreno 330
Memory Card slot microSD, up to 64 GB
Internal 16 GB, 2 GB RAM
Kamera Belakang 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection
Video 2160p@12-25fps, 1080p@30fps, 720p@60fps
Depan 2 MP, 1080p@30fps
Sound Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Comms WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP
GPS Yes, with A-GPS
NFC Yes
Radio TBC
USB microUSB v2.0 (SlimPort TV-out), USB Host
Fitur Lain Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Browser HTML5
Java Yes, via Java MIDP emulator
- Active noise cancellation with dedicated mic- ASUS WebStorage (50 GB storage)- MP3/WAV/eAAC+ player- MP4/H.264 player

– Document viewer

– Photo/video editor

Baterai Non-removable Li-Po 2300 mAh battery
Stand-by Up to 417 h (2G) / Up to 528 h (3G)
Talk time Up to 30 h (2G) / Up to 22 h (3G)

Dari spesifikasi di atas, mudah dipahami mengapa Padfone S ini begitu digemari dan dicari. Dengan 3,5 juta rupiah saja, Anda bisa mendapatkan ponsel Android dengan chipset sekelas Samsung Galaxy S5, LG G3, dan HTC One M8. Ketiga ponsel tersebut merupakan jagoan dari masing-masing merk serta memiliki banderol di atas 5 juta rupiah. Belum terhitung Padfone Station-nya yang dapat menyulap Padfone 5 inci Anda menjadi tablet 9 inci.

Hands-on Asus Padfone S

[Preview] Spesifikasi Asus Padfone S + Hands OnDengan harga yang demikian, seperti apa sih bentuk si Padfone S ini? Jangan-jangan jelek dan ga layak saing dengan flagship lain? Redaksi aitinesia akhirnya sanggup mendapatkan Asus Padfone S yang cukup jarang beredar di pasaran. Langsung saja kita simak penampakannya dan putuskan sendiri, layakkah Asus Padfone S bersanding dengan sekelas Galaxy S5, LG G3, dan HTC One M8 di kelas flagship.

[Preview] Spesifikasi Asus Padfone S + Hands On

Padfone S memiliki nada desain yang serupa dengan seri Zenfone, dengan bentuk sudut melengkung layaknya iPhone 5. Pada tampilan muka, di sisi atas terdapat speaker, sensor, serta kamera depan. Sedangkan di sisi bawah terdapat logo Asus. Bagi yang sebelumnya menggunakan Zenfone tentunya akan sedikit kagok di awal penggunaan karena letak logo yang sebelumnya berada di bagian atas. Ditambah lagi bentuk yang simetris, membuat saya beberapa kali kebalik ketika mengambil ponsel ini dalam keadaan terkunci. Namun hal tersebut bukan merupakan masalah yang besar.

Bezel kiri-kanan Asus Padfone S tidak bisa dibilang yang paling tipis, namun tidak juga terlalu tebal sehingga membuat perangkat ini menjadi buruk rupa. Selain itu, lis metalik yang menyelimuti sisi-sisi Padfone S menambah kesan elegan Android 3,5 juta ini. Oh iya, Padfone S juga sudah mengadopsi tombol on-screen.

[Preview] Spesifikasi Asus Padfone S + Hands On

 

Rupa Station dari Padfone S ini juga cukup standard dari depan. Mungkin serupa dengan wujud 80% tablet yang beredar di pasaran saat ini. Tidak ada yang spesial. Yang perlu menjadi catatan adalah tepian kiri dan kanan (juga atas dan bawah) tablet terlalu lebar. Membuat perangkat berlayar 9 inci ini menjadi jauh lebih besar dibanding seharusnya. Namun poin positifnya adalah pada saat memegang, baik posisi portrait maupun landscape, menjadi lebih nyaman dan meminimalisir sentuhan yang tidak disengaja.

[Preview] Spesifikasi Asus Padfone S + Hands On

Pada tepian di kanan dan kiri juga terdapat speaker. Speaker ini cukup asik digunakan ketika menonton film ataupun mendengarkan musik. Suaranya cukup bagus, tidak sember dan terdengar pecah ketika volume dibesarkan sampai maksimum.
[Preview] Spesifikasi Asus Padfone S + Hands On

Kita lanjutkan penampakan dari sisi bawah. Pada Padfone S, terdapat lubang micro USB yang ditemani oleh slot untuk mengunci Padfone ketika dimasukkan ke dalam Station-nya. Selain itu juga terdapat microphone. Pada Station, tidak terdapat apa-apa pada bagian bawah, namun kita dapat melihat bagian yang menjorok keluar di area tengah. Bagian ini disediakan sebagai tempat Padfone S untuk bersatu tubuh dengan Station-nya.

[Preview] Spesifikasi Asus Padfone S + Hands On

 

Di sisi sebelah kanan Padfone S terdapat kombo tombol power/lock beserta pengendali suara. Tombol ini begitu menyatu dengan area sekitar sehingga dibutuhkan waktu untuk membiasakan diri sebelum bisa dengan lancar menekan tombol-tombol tersebut. Pada Station tidak terdapat apa-apa di bagian ini.

[Preview] Spesifikasi Asus Padfone S + Hands On

Pada bagian atas Padfone S kembali kita dapat menemukan lubang microphone. Selain itu terdapat juga lubang untuk headset. Pada Station, terlihat jelas celah untuk tempat masuknya Padfone S. Di sisi kiri Station (kanan pada gambar) terdapat tombol power/lock.

[Preview] Spesifikasi Asus Padfone S + Hands OnDi sisi kiri, pada Padfone tidak terdapat apa-apa, sedangkan pada Stationnya dapat ditemukan tombol kendali suara di bagian atas, serta lubang micro USB di bagian bawah.

[Preview] Spesifikasi Asus Padfone S + Hands On

Gambar di atas menunjukkan penampilan Station dari belakang tanpa perangkat utama Padfone-nya. Sedangkan gambar di bawah ketika kedua perangkat bergabung.

[Preview] Spesifikasi Asus Padfone S + Hands On

Skor AnTuTu Asus Padfone S

Sebagai sebuah flagship, sudah seperti perjanjian tidak tertulis bahwa perangkat tersebut harus memiliki skor yang tinggi pada alat pengukuran (benchmark) seperti AnTuTu. Meski sebenarnya angka ini tidak bisa menjadi patokan utama. Nah, sebagai penyandang titel flagship, seberapa besarkah Asus Padfone S dinilai oleh AnTuTu?

[Preview] Spesifikasi Asus Padfone S + Hands OnWow! 43.195! Skor yang tinggi berhasil diraih oleh Padfone S pada penilaian ini. Bahkan hanya 4 perangkat yang berhasil mengungguli Padfone S dari sisi skor. Mereka adalah, berturut-turut dari bawah, HTC One M8, OnePlus One, Samsung Galaxy Note 4, dan Meizu MX4.

[Preview] Spesifikasi Asus Padfone S + Hands On

Sekilas Tentang ZenUI

Pada Padfone S, Asus memberikan ZenUI versi terbaru sebagai antarmuka aplikasinya. Ada fitur yang cukup saya senang pada antarmuka Padfone S ini yakni What’s Next. Pada What’s Next, semua kegiatan Anda yang akan berlangsung akan ditampilkan di home serta lockscreen sehingga Anda akan selalu ingat akan meeting atau apapun yang telah terjadwal di kalendar digital Anda.

[Preview] Spesifikasi Asus Padfone S + Hands OnLantas apa lagi fitur-fitur menarik dari ZenUI pada Padfone S ini? Bagaimana dengan kameranya? Daya tahan baterai?

Sabar.. Tunggu review lengkap Padfone S hanya di aitinesia. Jangan kemana-mana.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Maksudnya, boleh kemana-kemana, tapi rajin-rajin cek aitinesia yaa :D

 

 

 

 

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

1 Response

  1. kayaknya bagusan ini ya daripada seri zenfonenya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>