SOCA, Aplikasi Kota Bandung Buatan ITB 74

Tepat satu minggu lalu di Pendopo Kota Bandung, pada saat berlangsung meetup kedua Startup Bandung, yang diikuti oleh  puluhan startup dari seantero Bandung, Ridwan Kamil menerima secara simbolis dan sekaligus meluncurkan aplikasi yang dikembangkan oleh ITB angkatan 1974.

Walikota Bandung menerima SOCA dari ITB 74

Nama aplikasi tersebut adalah SOCA. Aplikasi ini sebenarnya sudah sejak bulan Maret diperkenalkan ke publik, berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Tempo.

Semenjak diperkenalkan pada bulan Maret, masih belum banyak yang mengunduh aplikasi tersebut. Tercatat baru 100 kali diunduh di PlayStore.

SOCA mengambil konsep yang selama ini ditawarkan oleh Instagram. Halaman utamanya merupakan lini masa dari foto-foto yang dikirimkan oleh para pengguna SOCA.

Ketika kita membuka SOCA, maka kita akan diberikan pilihan untuk membuat laporan atau mempromosikan sudut-sudut kota Bandung yang jarang diketahui oleh masyarakat luas.

 

 

LAPOR

 

Jika kita ingin membuat laporan, maka foto yang kita ambil akan mempunyai keterangan lokasi yang mempunyai empat kemungkinan. Pilihan-pilihannya adalah untuk menunjukkan lokasi kita saat ini, memilih tempat-tempat yang sudah terekam oleh Foursquare , bisa membuat lokasi sendiri, atau dapat juga sama sekali tidak menunjukkan lokasi.

 

Tampilan Lapor SOCA

Selain lokasi, ada juga kategori laporan. Kategori laporan untuk saat ini mencapai 11 jenis laporan. SOCA memberikan banjir, kriminal, jalan rusak, kebakaran, kemacetan, lampu jalan rusak, pelanggaran, pengemis, pohon tumbang, pungli, dan yang terakhir adalah sampah.

Sifat dari laporan terbagi dua. Pribadi dan publik. Jika pelapor yakin keamanan dirinya tidak terancam setelah dia memberikan laporan, maka pilih Publik di pengaturan privasi laporan. Jika dikhawatirkan mendapat bahaya akibat memberikan laporan, pelapor bisa memilih Pribadi, yang dengan demikian foto tersebut hanya akan diketahui oleh Petugas di Bandung Command Centre yang akan meneruskan laporan ke instansi yang terkait untuk menindaklanjutinya.

Sistem papan klasemen Lapor SOCA

Supaya lebih menarik, SOCA membuat sistem papan klasemen yang mendata siapa saja pelapor yang paling sering memberikan laporan ke SOCA.

PROMOSI

Untuk pilihan Promosi, SOCA memberikan lebih banyak jenis informasi yang dapat dicantumkan. Yang pertama tentu saja tempat. Kita bisa mendeskripsikan tempat yang menjadi objek jepretan kita dan tentu saja mencantumkan juga lokasinya. Setelah deskripsi dan lokasi, yang selanjutnya adalah kategori tempat yang menjadi objek. Penandanya berbentuk seperti badge yang berisi gambar gereja, pesawat terbang, masjid, kacamata 3D, kios tempat belanja,dan gedung perkantoran.

Fitur-fitur Promosi SOCA

 

Foto tersebut juga bisa kita hias dengan bermacam-macam motif bingkai yang berjumlah dua belas supaya terlihat lebih menarik. Fitur keempat adalah memberikan efek pada foto yang diambil misalnya Grayscale, Relief, Blur, Oil, dan lain sebagainya. Tidak lupa di panel sebelah kanan kita juga bisa mengklasifikasikan momen yang kita promosikan ke dalam empat tipe yaitu Place, Food, Event, dan Sport. Gambar yang telah selesai kita edit dapat kita bagikan ke kanal-kanal media sosial ternama seperti Facebook dan Twitter.

Screenshot_2015-08-13-22-40-49

Seandainya pengguna masih kebingungan dalam memanfaatkan SOCA, di saat kita mengedit foto untuk Promosi, ada pilihan Tutorial yang terdapat di deretan pilihan toolbox di bagian bawah bersama deskripsi, badge, bingkai, dan efek.

 

Halaman pendaftaran Lapor SOCA

Kekurangan SOCA yang sejauh ini tim Aitinesia temui adalah ketika akan mendaftar ke SOCA. Saat kami memasukkan alamat email tim kami, kami menemukan pesan error yang membuat kami tidak bisa mendaftar. Hal ini patut disayangkan karena dikhawatirkan akan terjadi penyalahgunaan dalam memberikan laporan.

Kota lain bagaimana? Akankah menyusul Bandung dengan SOCA-nya?

Nawir

Seorang pembaca buku, pecinta alam semesta, penyuka filsafat, penonton film.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>