Smartwatch Pebble, Tetap Perkasa Melawan Para Raksasa

Pebble

Pebble adalah sebuah produsen independen yang khusus memproduksi produk smartwatch. Mereka memulai petualangan bisnis mereka sejak tahun 2013. Uniknya, modal yang mereka gunakan untuk memulai produksi massal smartwatch mereka bukan berasal dari dana pribadi atau firma keuangan, melainkan dari website crowdfunding, Kickstarter. Pebble melengkapi smartwatch mereka dengan tampilan hitam putih seperti e-ink yang dipakai di Kindle, sebuah alat getar untuk notifikasi, serta magnetometer dan accelerometer untuk merekam aktivitas fisik kita.

Di tengah menjamurnya smartwatch yang diproduksi oleh produsen-produsen besar seperti Samsung, Sony, dan lain-lain, smartwatch Pebble terbukti tetap bisa berjaya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Canalys baru-baru ini menunjukkan kalau startup yang dihasilkan Kickstarter ini tetap menguasai pasar smartwatch dunia dengan angka 35%. Baru di bawahnya ada Sony dengan Smartwatch 2 (29%), Samsung dengan Galaxy Gear (23%), serta produsen-produsen lain seperti LG dan Motorola.

Bagaimana Bisa Pebble Mengalahkan Para Raksasa Tersebut?

Jawabannya adalah pada fitur-fitur smartwatch mereka yang cukup, tidak berlebihan seperti yang biasa ada di smartwatch lain, tapi tetap bermanfaat besar. Di antara hal-hal yang menarik dari Pebble adalah:

Daya Tahan Baterai yang Lama

Semua smartwatch pasti menggunakan baterai yang berbeda dengan jam tangan pada umumnya. Mereka harus dicharge secara rutin agar bisa tetap menyala. Di sisi lain, men-charge sebuah jam tangan setiap hari tentunya merupakan masalah tersendiri. Dalam hal ini, Pebble jauh mengungguli produsen smartwatch lain karena mempunyai daya tahan baterai yang jauh lebih lama, sekitar 5-7 hari. Semua berkat layar smartwatch Pebble yang menggunakan e-ink sehingga tidak begitu menguras baterai. Smartwatch yang lain biasanya hanya tahan sekitar 1-2 hari.

Tahan Air

Sebuah jam tangan memang sudah seharusnya tahan terhadap air. Coba bayangkan kalau anda mempunyai sebuah jam tangan yang akan langsung rusak begitu anda kehujanan, pasti sangat merepotkan. Pebble sadar akan hal ini dan memasukkan fitur tersebut ke dalam smartwatch mereka. Hal ini akhirnya diikuti juga oleh para produsen lain. Kalau tahan air, bagaimana Pebble bisa di-charge? Tenang saja, Pebble menggunakan sistem sambungan konduktor yang tidak berbahaya jika terkena air. Di kedua sisinya juga ada magnet yang menjaga agar sambungan tersebut tidak lepas ketika di-charge.

Tampilan dan Tali Jam yang Bisa Diganti

Pebble adalah smartwatch yang tepat bagi anda yang berjiwa dinamis. Tampilan jam di layar Pebble bisa kalian ubah dengan bentuk-bentuk menarik (biasa disebut Watchface) yang disediakan Pebble. Anda tinggal mendownload aplikasi Pebble di smartphone anda, lalu disambungkan dengan smartwatch Pebble lewat Bluetooth. Selain tampilan, tali jam Pebble juga bisa anda ganti dengan tali jam biasa.

Aplikasi yang Terus Berkembang

Berbeda dengan smartwatch yang dibuat para produsen besar, Pebble tidak mempunyai microphone dan speaker. Layarnya juga bukan layar sentuh. Jangan harap anda bisa menelepon atau mengirim pesan dengan Pebble. Pebble memang hanya bisa digunakan untuk melihat dan membaca aplikasi, sebagai konsekuensi dari pemakaian baterai yang begitu hemat. Tapi dengan banyaknya aplikasi yang bisa diakses dari Pebble, kekurangan itu pun jadi tertutupi. Evernote dan WhatsApp adalah beberapa contoh layanan terkenal yang telah menyediakan aplikasi khusus untuk Pebble. Aplikasi-aplikasi lain sepertinya juga akan menyusul dalam waktu dekat.

Saya telah memakai Pebble sekitar 2-3 bulan dan sejauh ini tak ada kendala apapun yang terjadi. Mungkin anda ingin mencobanya? Di Kaskus sudah ada yang menjualnya secara massal dengan harga sekitar Rp 1.200.000, silakan langsung anda kunjungi.

Sumber Gambar : kickstarter.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>