Smartphone of The Year

Pasar smartphone telah menjadi pasar yang menarik bagi perusahaan seperti Apple dan Samsung. Puluhan “perang” telah dilalui oleh kedua belah pihak, mulai dari iklan yang saling sindir, flash mob, sampai dengan tuntut-menuntut di pengadilan. Tahun 2012 segera berakhir, data Q3 pun sudah keluar. So, siapa yang berhasil menguasai pangsa pasar smartphone tahun ini?

Sampai dengan akhir Oktober tahun ini, Apple berhasil menguasai pangsa pasar Amerika Serikat sebesar 48,1% meninggalkan Android yang meraup 46,7% sisa pangsa pasar yang dipimpin oleh Samsung. Naiknya Apple menjadi peringkat pertama di pasar smartphone tidak lepas dari peluncuran iPhone 5.  Terlepas dari beberapa kekurangan yang melanda iPhone 5, respon para fans Apple di Amerika Serikat cukup baik sehingga bisa membawa Apple ke posisi satu kembali setelah lama tertinggal Android sejak peluncuran iPhone 4S tahun lalu.

Namun bagaimana dengan pasar Global?

Biarlah data penjualan smartphone Q3 berikut yang menjawab:

Dapat dilihat pada tabel, ternyata meski kalah di Amerika Serikat, Samsung merajai pangsa pasar smartphone dunia.

Hal ini tentunya karena beragamnya pilihan sub-brand Galaxy yang ditawarkan Samsung yang menyasar seluruh pasar (low-end sampai dengan high-end) yang tidak dimiliki Apple.

Cukup signifikan porsi Samsung yang lebih dari dua kali lipat porsi Apple. Dengan data demikian, akankah Apple tergerak menyasar golongan mid-end untuk pasar smartphone-nya sebagaimana yang dilakukan untuk iPad mini? Kita tunggu saja, namun sementara, tidak berlebihan kiranya jika banyak yang menobatkan seri Galaxy Samsung sebagai smartphone of the year.

 

 

 

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>