Shopify Report – Facebook Mesin Penggerak E-Commerce

Shopify Logo

Shopify, sebuah platform e-commerce terkenal, baru-baru ini meluncurkan sebuah laporan mengejutkan yang berisi analisa pengaruh sosial media terhadap penjualan barang di platform tersebut pada tahun 2013. Setelah mengumpulkan data dari 90.000 penjual, Shopify mendapatkan hasil kalau 529.000 penjualan barang telah terjadi setelah sebelumnya didahului oleh 37 Juta kunjungan ke media sosial klien mereka. Penjualan tersebut memberikan omset yang cukup besar bagi Shopify dan para kliennya, 1,7 Milyar Dollar.

Pertanyaannya, sosial media mana yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap penjualan tersebut?

Shopify melakukan analisa terhadap Facebook, Twitter, Pinterest, Google+, LinkedIn, Instagram, Reddit, Youtube, Vimeo, Vine, Hacker News, dan Polyvore. Dan hasilnya, 63% kunjungan yang berubah menjadi pembelian barang datang dari Facebook. Mayoritas di antara pembelian tersebut adalah pembelian terhadap barang-barang fotografi, perlengkapan olahraga, dan peralatan memelihara hewan.

Urusan jumlah kunjungan, mungkin tak ada yang bisa mengalahkan Facebook untuk saat ini. Selain karena penggunanya yang sudah demikian banyak, suasana ‘berjualan’ di Facebook juga terasa lebih kental dibanding sosial media lain. Namun, untuk urusan rata-rata uang yang dibelanjakan setelah melihat info di sosial media, Facebook masih kalah dari Polyvore (sebuah website e-commerce), Instagram, dan Pinterest. Bila dibandingkan dengan data di tahun 2012, maka pertumbuhan Facebook pun kalah, walau hanya dari Reddit.

Data selengkapnya, bisa dilihat di infografis berikut :

Shopify

Ada satu pesan di akhir infografis dari Shopify ini, “Hindari meluncurkan produk di akhir pekan, pengaruh sosial dari peluncuran tersebut akan menurun 10-15%”. Mungkin hal ini dikarenakan lebih banyak orang yang keluar rumah dan tidak mengakses internet di akhir pekan, jadi pesan ini patut diingat bagi yang ingin berjualan di dunia maya.

Jadi, bila anda suka berbelanja online, mungkin Facebook bisa jadi sosial media utama anda. Tapi kalau anda malah terganggu dengan itu, sebaiknya anda menghindari Facebook.

Sumber Gambar : shopify.com

 

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>