Setelah India, Mesir Ikut Menghentikan Free Basics Milik Facebook

Belum lama ini, layanan Free Basics di India dihentikan oleh pemerintah mereka setelah mendapatkan protes yang kuat dari kelompok aktivis yang mengusung netralitas internet. Di India, Facebook sangat serius melakukan pembelaan, mereka memasang iklan di beberapa tempat untuk membela skema layanan yang mereka tawarkan.

gsmarena_001

Free Basics, yang sedianya ingin mempermudah akses internet di negara-negara berkembang justru menjadi alat yang mengkotak-kotakkan internet dengan memberikan hak akses lebih kepada situs-situs yang menjadi mitra mereka dan ini dipandang menghina prinsip netralitas.

 

Setelah India menghentikan Free Basics, Mesir memutuskan melakukan hal yang sama.

 

Di Mesir, Facebook yang bermitra dengan Etisalat Mesir sejak dua bulan silam , diperkirakan melayani tiga juta jiwa yang sekitar satu juta di antaranya baru menikmati internet untuk pertama kali.

Penyebab pasti pemberhentian ini, tidak cukup jelas. Berdasarkan berita yang dilansir oleh Associated Press, baik pihak Etisalat maupun pejabat Mesir sulit dihubungi untuk dimintai komentarnya. Sedangkan Deutsche Welle memberitakan bahwa kementerian telekomunikasi menyatakan alasan penutupan bukanlah terkait dengan keamanan.

 

Di Mesir, media sosial seperti Facebook sangat populer digunakan oleh masyarakatnya. Mereka menggunakan media sosial sebagai alat untuk mengorganisir protes yang dilancarkan saat mendongkel Husni Mubarak dari tampuk kepemimpinan Mesir.

 

Pada saat protes menjalar tersebut, pemerintah Mesir menutup akses internet di seluruh negeri.

 

Tepat pada tanggal 25 Januari 2016 nanti, genap lima tahun terjadinya protes massal yang berujung tumbangnya rezim Mubarak.

 Akankah di tahun 2016, Free Basics di Indonesia menemui rintangan yang sama? Atau justru menjadi contoh sukses skema Free Basics bagi negara lainnya?

Nawir

Seorang pembaca buku, pecinta alam semesta, penyuka filsafat, penonton film.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>