Setelah Honor 3C, Giliran Huawei Honor 3X yang Bersiap Masuk Indonesia

Huawei Honor 3X

Sebelumnya kami telah mengabarkan tentang sang adik, Huawei Honor 3C yang tengah bersiap masuk ke pasar smartphone Indonesia. Kali ini giliran sang kakak, Huawei Honor 3X yang juga akan masuk ke Indonesia. Data Rekapitulasi Hasil Uji yang terbaru di Menkominfo menyebutkan kalau Huawei Honor 3X atau Huawei G750-U10 telah lolos pengujian dan siap untuk dipasarkan di tanah air. Lalu apa keunggulan Huawei Honor 3X ini, dan apa perbedaannya dengan sang adik, Huawei Honor 3C?

Di bawah ini saya akan coba membedah persamaan dan perbedaan kedua smartphone asal negeri China tersebut. Untuk menambah seru suasana, saya masukkan juga sebuah smartphone yang telah menggunakan teknologi Octa-Core, Imo Clarity, sebagai bahan perbandingan.

Layar

Dari segi ukuran layar, ketiga smartphone ini tidak jauh berbeda. Honor 3C dan Imo Clarity sama-sama berukuran 5 inchi, sedangan Honor 3X lebih besar setengah inchi. Tapi untuk urusan ketajaman gambar, Imo Clarity yang telah menggunakan teknologi Full HD (1920×1080 piksel) jelas berada di atas Honor 3C dan Honor 3X yang masih menggunakan teknologi HD (720×1080 piksel).

Prosesor

Masih ingat cerita kami tentang prosesor Mediatek MT6592? Prosesor ini merupakan prosesor Octa-Core (8 inti dalam 1 chip) pertama yang dikeluarkan Mediatek, dan merupakan Octa-Core yang sesungguhnya. Nah, prosesor inilah yang dipakai oleh Honor 3X dan Imo Clarity (sekarang jelas kan mengapa saya ‘ngotot’ memasukkan Imo Clarity sebagai bahan perbandingan). Dengan ini, Honor 3X dan Imo Clarity pun jauh mengungguli Honor 3C yang masih menggunakan prosesor Quad-Core, MT6582, yang juga merupakan produk Mediatek.

Kamera

Dengan keunggulan prosesor mereka, Honor 3X dan Imo Clarity jadi lebih leluasa untuk memasang kamera yang lebih mumpuni. Mereka sama-sama dipersenjatai dengan kamera 13-megapiksel, sedangkan Honor 3C hanya bisa memanggul kamera 8-megapiksel.

Baterai

Nah, untuk urusan baterai, ada sesuatu yang sedikit mengganjal. Dengan keunggulan dari sisi tampilan layar, Imo Clarity secara logika akan lebih cepat kehabisan baterai, sehingga mereka harus memasang baterai yang lebih besar. Sayangnya, Imo hanya memasang baterai sebesar 2000 mAH sebagai sumber tenaga Imo Clarity, kalah jauh dari Honor 3X dan Honor 3C yang masing-masing menggunakan baterai berukuran 3000 mAH dan 2300 mAH. Dapat dipastikan kalau Imo Clarity harus lebih sering di-recharge dibandingkan 2 smartphone lainnya.

Harga

Bila Honor 3C jadi dipasarkan dengan harga sekitar Rp 2.000.000, maka sang kakak, Honor 3X kemungkinan akan dijual pada kisaran harga Rp 3.000.000. Harga ini masih lebih murah dari Imo Clarity yang dibanderol Rp 3.800.000.

Kesimpulan

Huawei-Honor-3X

Dengan daya tahan baterai yang berada di atas Imo Clarity, Huawei Honor 3X merupakan smartphone yang lebih layak beli. Bila kita melakukan tes dengan AnTuTu Benchmark, skor yang dicetak Huawei Honor 3X bisa mencapai angka 27000, tak jauh beda dengan Samsung Galaxy S4. Ia juga bisa menghadirkan kesan yang spesial karena telah menggunakan prosesor dengan teknologi yang paling mutakhir saat ini. Bila budget anda tidak cukup untuk membelinya, ada Honor 3C, sang adik yang merupakan alternatif terbaik setelah Honor 3X.

Sumber Gambar : aliexpress.com


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>