September 2014, Semua SIM Card Harus Didaftar Ulang

Sim  Card

Jika Anda adalah orang yang sering berganti nomor selular baru, maka berhati-hatilah, karena Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) pada bulan September ini akan menerbitkan regulasi baru terkait registrasi SIM Card baru.

Seperti yang dilansir pada website Kominfo, pemerintah akan memperketat sistem registrasi kartu sim dari operator prabayar dan menghimbau kepada seluruh operator penyelenggara telekomunikasi untuk membenahi sistem registrasi pelanggan prabayar. Jika sebelumnya banyak para pengguna operator yang melakukan registrasi kartu sim hanya sebagai formalitas atau tidak sesuai data yang benar maka kedepan harus sesuai tanda pengenal resmi seperti KTP atau SIM.

Hal tersebut dikarenakan banyak nomor registrasi dari SIM Card yang baru banyak digunakan untuk aktifitas yang tidak diinginkan. Diantaranya seperti yang tertera di website resmi Kominfo adalah, “Ribuan nomor pelanggan digunakan untuk SIM box yang merupakan perbuatan penyelenggaraan telekomunikasi yang tidak sesuai dengan aturan perundang-undangan telekomunikasi. Ribuan SIM card dibuang setiap hari karena blokir anti SIM box dan ribuan pula SIM card baru diaktivasi untuk menggantikannya. Praktek ini melahirkan data jumlah pelanggan yang seolah tumbuh terus dan nilai ARPU (Average Revenue Per User) yang tidak valid.”

Maka untuk menanggulangi masalah tersebut, proses registrasi SIM Card nantinya hanya dapat dilakukan gerai dan outlet resmi provider telekomunikasi masing-masing. Bagi Anda pelanggan lama, kesempatan registrasi ulang sampai dengan 15 Maret 2015. Jika tidak melakukan hal tersebut, maka nomor Anda akan terblokir dan hanya bisa menerima panggilan masuk. Kami sarankan agar segera mendaftarkan ulang nomor Anda ketika regulasi ini sudah diterapkan.

Nafi Putrawan

Has great passion in the graphic design field and loves to share anything about technopreneur, data literacy, digital record (archiving), or things referring to libraries. Currently innovating and developing HXC+ with my small team. A student of Management of Information Document, UI. Enjoys freshly juiced fruits.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>