Selangkah Menuju Wisata Antariksa Berkat Keberhasilan Peluncuran Roket New Shepherd Buatan Blue Origin, Milik CEO Amazon, Jeff Bezos

Blue Origin, perusahaan penjelajah antariksa yang dibangun oleh CEO Amazon, Jeff Bezos, baru saja berhasil melakukan peluncuran dan pendaratan roket mereka yang pertama.

Hal ini menandai babak baru dalam persaingan industri antariksa yang diramaikan di antaranya oleh Blue Origin milik Jeff Bezos dan SpaceX milik Elon Musk. Yang menjadi tujuan utama dalam persaingan ini adalah kemampuan menerbangkan pesawat yang membawa penumpang ke luar angkasa untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan sambil melayang-layang di dalam wahana untuk kemudian mendarat kembali di bumi dengan selamat.

Pengumuman dari Jeff Bezos tentang peluncuran dan pendaratan New Shepherd

Pengumuman dari Jeff Bezos tentang peluncuran dan pendaratan New Shepherd

Peluncuran dan pendaratan ini menggunakan material dari bekas roket yang masih bisa dimanfaatkan. Penggunaan material bekas dipercaya dapat menekan biaya produksi cukup signifikan sehingga ke depannya kesempatan untuk lebih banyak manusia mencicipi wisata ini terbuka lebar.

Roket yang diberi nama New Shepherd ini tercatat berhasil menembus ketinggian 100.5 kilometer yang sebenarnya masih berada di areal sub orbit, belum berhasil mencapai titik di mana wahana dapat mengorbit sempurna. Hal ini salah satu yang menjadi kritikan Elon Musk yang mau tidak mau mengakui ketinggalannya dalam persaingan wisata antariksa. Penjelasan tentang perbedaan batas antara “Orbit”  dan “Sub-orbit” dapat disimak di salah satu artikel xkcd.

Ucapan selamat dari Elon Musk kepada Jeff Bezos dan tim Blue Origin

Ucapan selamat dari Elon Musk kepada Jeff Bezos dan tim Blue Origin

Selain menyoroti perbedaan antara orbit dan suborbit, Elon Musk juga menyebutkan bahwa kemampuan lepas landas dan pendaratan vertikal atau VTOL telah berhasil dilaksanakan oleh tim SpaceX pada tahun 2013.
Musk juga mengingatkan kepada para netizen bahwa roket dari bahan bekas yang pertama kali berhasil mengudara adalah X-15 yang merupakan bagian dari rangkaian uji coba penelitian roket kecepatan tinggi pada era ’60 an.

Terlepas dari segala kritikan yang dilontarkan okeh juragan mobil listrik tersebut, prestasi tim Blue Origin tetap patut kita beri apresiasi dalam rangka mendekatkan umat manusia selangkah menuju wisata ruang angkasa.

 Videonya dapat disaksikan pada tautan berikut. Silakan disimak!

Nawir

Seorang pembaca buku, pecinta alam semesta, penyuka filsafat, penonton film.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>