Samsung Z1, Smartphone Pertama di Dunia Dengan Sistem Operasi Tizen

Samsung Z1 7

Sejak tahun 2013, nama Tizen sudah mulai terdengar sebagai sebuah sistem operasi mobile yang sedang dibuat oleh Samsung untuk menyaingi keperkasaan Android. Namun kelanjutan dari proyek Tizen ini tampak tidak jelas. Sempat dikabarkan kalau akan ada smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Tizen, yang akan dipasarkan di Rusia. Namun isu ini pun tenggelam seiring berjalannya waktu.

Tapi kini, Samsung membuktikan kalau Tizen bukanlah isapan jempol alias khayalan semata. Hari ini mereka resmi meluncurkan Samsung Z1, yang merupakan smartphone bertenaga Tizen yang pertama di dunia. Untuk memulai penjualannya, Samsung memilih India sebagai negara pertama yang bisa mencoba smartphone ini.

Samsung Z1 2

Launching Samsung Z1 di India

Spesifikasi Lengkap Samsung Z1

Prosesor Dual Core, Spreadtrum SC7727S 1,2 GHz
RAM 768 MB
Ukuran Layar 4 inchi PLS TFT Touchscreen (480 x 800 piksel)
Memori Internal 4 GB
Kamera 3,15 megapiksel (Kamera Utama), VGA (Kamera Depan)
Sistem Operasi Tizen OS v 2.3
Baterai 1.500 mAh
Lain-Lain Dual SIM, Slot Micro SD, FM Radio

Dengan smartphone terbarunya ini, Samsung mencoba menguasai pasar smartphone murah yang mulai dimonopoli oleh produsen-produsen asal negeri Tiongkok, seperti Xiaomi, Huawei, dan lain-lain. Bersenjatakan prosesor Dual Core, RAM 3/4 GB, dan kamera 3,1 megapiksel, Samsung Z1 berusaha menjadi yang terbaik dengan harga jual yang hanya sekitar Rp 1.000.000,-. Akan ada 3 pilihan warna yang ditawarkan untuk Samsung Z1 ini, yaitu Putih, Hitam, dan Merah.

Samsung Z1 3

Samsung Z1 ini juga dilengkapi dengan memori internal yang kapasitasnya mini (hanya 4GB, plus slot Micro SD), serta ukuran layar yang juga mini (hanya 4 inchi). Ia sudah bisa mendukung frekuensi 3G, dan dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1.500 mAh. Sebagaimana layaknya smartphone murah lainnya, Samsung Z1 ini juga dilengkapi dengan fitur Dual SIM Card.

Namun di balik semua hal mini tersebut, Samsung Z1 ini juga mempunyai beberapa kelebihan, seperti boot time yang cepat, performa yang lebih baik ketika browsing internet, serta pemakaian baterai yang efisien. Semua hal tersebut bisa terwujud berkat pemakaian sistem operasi Tizen yang digadang-gadang sebagai sistem operasi yang lebih ‘ringan’ dibanding sistem operasi yang ada saat ini. Semua itu juga ditambah dengan konten-konten menarik seperti aplikasi, musik, maupun video yang bisa dinikmati secara gratis dengan smartphone Samsung Z1 ini.

Persaingan Dengan Android One Milik Google

Namun Samsung jangan terlalu yakin dulu kalau smartphone bertenaga Tizen ini akan langsung mendapatkan kesuksesan. Pasalnya, Google juga tengah menyasar pasar yang sama dengan Tizen, melalui produk terbaru mereka Android One. Harga Samsung Z1 dan smartphone-smartphone Android One memang relatif sama, tapi Google punya kelebihan karena sudah memiliki jutaan aplikasi menarik yang ada di Google Play. Amazon pernah mencoba menekan keperkasaan Android dengan memasang ‘sistem-operasi-setengah-android’ di produk smartphone mereka, Fire Phone. Namun strategi tersebut terbukti gagal karena mereka belum mempunyai pasar aplikasi yang cukup ramai.

Samsung Z1 1

Yah, setidaknya setelah menunggu sekian lama, produk smartphone dengan sistem operasi Tizen akhirnya bisa keluar juga. Kita lihat saja apakah ia akan menjadi The Next Big Thing, atau hanya akan menjadi produk gagal seperti Fire Phone.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>