Samsung Mulai Produksi PCIe SSD, Apple MacBook Air “ngantri” Paling Depan?

17 Juni kemarin, Samsung menyatakan mulai memproduksi secara masal line-up SSD terbaru mereka, XP941 yang berdasarkan teknologi PCI-Express (PCIe). Samsung mengklaim, XP941 adalah PCIe SSD yang diproduksi secara masal pertama di dunia. Apa itu PCIe SSD? Bedanya apa sama SSD yang sudah ada di pasaran? Yuk dibahas…

Solid-State Drive (SSD) sudah berevolusi menjadi sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir, sampai-sampai SATA interface (yang selama ini dipakai sebagai interface SSD) sepertinya nyaris menyerah lantaran tidak sanggup menyediakan bandwith yang cukup. Samsung sepertinya mencium kesempatan ini dan mencuri start dalam race media penyimpanan. Samsung bergerak cepat dengan mulai memproduksi masal XP941 PCIe SSD.

Sebenarnya apa sih bedanya SSD yang memakai interface SATA sama PCIe? Bedanya hanya di banyaknya channel internal yang mampu mentransmisikan data. SATA hanya mampu menyediakan 10 channel untuk transmisi data, sedangkan PCIe 25 channel. Nah, makanya PCIe SSD disebut-sebut 2,5x lebih cepat dari SATA SSD. Wuuuiiihh!!

Samsung PCIe SSD XP941

Samsung PCIe SSD XP941

Menurut sumber dari dalam Samsung, XP941 dapat membaca data 1,4GB/s atau 2,5x lebih cepat (tau angka 2,5 dari mana kan?haha..) dari SATA SSD tercepat yang ada sekarang, Sandisk Extreme II. Terus juga XP941 bisa memindahkan 500GB data hanya dalam waktu 6 menit. Duh, kalo dibandingkan dengan Hard Disk bagaimana ya?

Udah cukup bahas kecepatan, sekarang saatnya bahas ukurannya. Samsung XP941 diproyeksikan sebagai storage device untuk Ultrabook, maka syarat yang mutlak ada adalah ukuran yang imut. Dan samsung ternyata tidak main-main. XP941 ini mempunyai ukuran dimensi yang membuat SSD yang dipakai di Apple MacBook Air sekarang Toshiba Blade X-gale SSD terlihat raksaksa (Ok, ini lebay). Samsung XP941 mempunyai dimensi 80mm x 22mm, dan Toshiba X-gale 108.9mm x 24mm. XP941 masanya hanya 6 gram, sementara X-gale 13.2 gram.

Samsung memang belum merilis siapa-siapa saja yang nantinya akan menggunakan PCIe SSD ini. Namun, sepertinya tidak sulit menebak siapa yang akan berdiri paling depan. Yes! MacBook Air sepertinya akan tidak puas dengan Toshiba Blade X-gale yang dikangkangi oleh XP941 secara kecepatan dan dimensi. Dan kalau memang benar, maka terbuktilah kalau Samsung dan Apple merupakan pasangan yang harmonis, walaupun akhir-akhir ini sering cek-cok. Haha..

Herminarto Nugroho

Pastinya seorang pemimpi, bukan pengejar impian, tapi pembangun impian. Gunners. VCC!

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>