Samsung Harus Segera Melakukan Perubahan, Kalau Tidak …

Smartphone Brand

Pertengahan tahun merupakan saat-saat yang paling ditunggu oleh para pelaku bisnis di dunia teknologi. Saat inilah biasanya para produsen smartphone dan gadget melaporkan hasil penjualan produk mereka selama 6 bulan terakhir. Dari hasil penjualan tersebut, biasanya kita bisa melihat mana produsen yang sedang sukses, dan mana yang sedang terpuruk. Hal itu biasanya akan diikuti dengan pengumuman produk baru yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan, sesuai dengan keinginan konsumen.

Lalu Produsen Mana yang Sukses, dan Mana yang Terpuruk?

Apple, berhasil memanfaatkan popularitas iPhone dan iPad sehingga penjualan mereka bisa terus naik. Huawei, resmi menjadi produsen smartphone ke-3 terbesar di dunia setelah penjualan mereka naik sebesar 30%. Xiaomi, si anak baru dari China juga mengumumkan penjualan mereka yang kini menguasai 5,1 % pasar smartphone dunia. Salah satu sumber mengatakan kalau Xiaomi kini resmi sebagai produsen smartphone terbesar ke-5 di dunia.

Bagaimana dengan produsen yang mengalami penurunan penjualan? Salah satu produsen yang mengalami penurunan penjualan paling besar dalam beberapa bulan terakhir ini adalah (jangan kaget), Samsung.

Mengapa Samsung Kian Ditinggalkan?

Samsung

Tak ada yang menyangkal kalau smartphone Samsung merupakan smartphone yang bagus dan keren. Saat ini pun masih banyak pengguna yang memakainya, hingga menjadikan perusahaan asal Korea Selatan tersebut sebagai produsen smartphone nomor 1 di dunia. Hanya saja, kini para konsumen sudah mulai meninggalkan produk-produk mereka. Mengapa?

Alasan pertama mengapa produk Samsung kian ditinggalkan adalah tingginya harga smartphone-smartphone mereka. Dengan harga yang sama, konsumen bisa mendapatkan produk yang 2x lipat lebih baik bila melirik ke merek lainnya. Dengan makin cerdasnya para konsumen tentang harga dan spesifikasi smartphone yang baik, rasanya Samsung akan tetap terasa ‘kemahalan’ bila mereka tidak segera menurunkan harga smartphone mereka.

Bila kita hanya melihat soal harga, sepertinya terasa sedikit janggal karena Apple tetap bisa menaikkan penjualan iPhone walaupun mereka mematok harga yang tinggi. Bagaimana ini bisa terjadi? Jawabannya adalah karena Apple memasang pembeda yang jelas antara jenis-jenis produk mereka. Kita bahkan bisa membedakan dengan jelas iPhone 4 dan iPhone 5 hanya dengan melihatnya dari jauh, belum lagi fitur-fitur di dalamnya. Hal ini menyebabkan pengguna merasa butuh untuk membeli produk terbaru Apple. Mereka rela membayar lebih demi menebus tambahan fitur dan perkembangan teknologi yang ditawarkan.

Bagaimana dengan produk-produk Samsung? Produk-produk mereka hampir semuanya terlihat sama, tak ada bedanya. Teknologi baru yang ditawarkan pun seperti tidak sanggup menggoda konsumen untuk membuang smartphone lama mereka dan menebus smartphone baru dengan harga yang lebih mahal. Inilah alasan kedua mengapa Samsung kian ditinggalkan.

Coba temukan perbedaan antara 2 smartphone Samsung ini?

Coba temukan perbedaan antara 2 smartphone Samsung ini?

Alasan ketiga mengapa produk Samsung kian ditinggalkan adalah ‘kesetiaan’ mereka untuk memakai bahan plastik sebagai penutup smartphone. Entah mengapa, mereka seperti kehabisan ide dan selalu memakai bahan yang terkesan ‘murah’ tersebut untuk setiap produk mereka. Baru belakangan ini santer terdengar rumor tentang akan diluncurkannya Samsung Galaxy Alpha, smartphone pertama dari Samsung dengan penutup berbahan metal. Apakah isu ini akan menjadi kenyataan? Kita lihat saja.

Samsung memang baru merasakan kesuksesan ketika sistem operasi Android muncul ke belantika teknologi dunia. Sebelumnya, Samsung amat sangat kalah tenar dari merek-merek lain seperti Nokia, Sony (waktu itu masih Sony Ericsson), dan lain-lain. Bila Samsung tidak segera memperbaiki alasan-alasan di atas, bukan tidak mungkin kalau smartphone mereka akan semakin ditinggalkan, dan mereka akan kembali ke masa-masa gelap di awal petualangan mereka di bisnis telepon genggam.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

1 Response

  1. Fredlina says:

    emang! saya juga bingung perasaan samsung keluarin produk baru mulu tapi ga ada perubahan berarti. banyak banget produknya sampe ga hapal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>