Samsung Galaxy Alpha, Hasil Perselingkuhan Samsung Galaxy S5 dengan iPhone

Hari ini, Samsung resmi mengumumkan peluncuran smartphone terbaru mereka, Samsung Galaxy Alpha. Sekilas bentuk Galaxy Alpha terlihat tak jauh berbeda dengan smartphone terbaru Samsung sebelumnya, Galaxy S5. Namun bila kita melihat sisi pinggir smartphone tersebut, maka kita akan menemukan sesuatu yang belum pernah ada di smartphone Samsung Galaxy sebelumnya, yaitu bahan metal. Yup, Samsung Galaxy Alpha adalah smartphone pertama Samsung yang menggunakan penutup berbahan metal.

Spesifikasi Samsung Galaxy Alpha

Prosesor Exynos 5 Octa 5430 (Quad-Core 1,8 GHz Cortex-A15 + Quad-Core 1,3 GHz Cortex-A7)
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Ukuran 4,7 inchi
Layar Super AMOLED 720 x 1280 piksel
Kamera 12 megapiksel (kamera utama) + 2,1 megapiksel (kamera depan)
Sistem Operasi Android 4.4.4 (KitKat)
Baterai 1860 mAH

Bila melihat spesifikasi Samsung Galaxy Alpha di atas, ia terlihat seperti Samsung Galaxy S5 yang mendapatkan sedikit penambahan kualitas. Kesamaannya dengan Galaxy S5 terlihat mulai dari tombol “Home”, bagian belakang yang mempunyai motif bulatan-bulatan kecil, hingga posisi kamera belakang. Samsung Galaxy Alpha juga dilengkapi dengan fitur-fitur pelengkap seperti sensor sidik jari dan sensor denyut nadi. Adapun secara ukuran, ia hanya lebih kecil 0,4 inchi dari Galaxy S5, dan lebih ringan 30 gram.

Bagian Belakang Samsung Galaxy Alpha

Bagian Belakang Samsung Galaxy Alpha

Untuk urusan prosesor, Samsung Galaxy Alpha jelas lebih baik daripada Samsung Galaxy S5 yang hanya memakai prosesor Quad-Core. Sayangnya, Galaxy Alpha mengalami penurunan kualitas untuk urusan kamera dan ketajaman layar. Ia juga hanya dilengkapi dengan baterai yang berkapasitas 1860 mAH, kalah jauh dari Galaxy S5 yang menggunakan baterai berkapasitas 2800 mAH. Samsung Galaxy Alpha juga tidak mempunyai slot SD Card, port infra merah, dan sepertinya ia juga tidak didesain anti air.

Spesifikasi Samsung Galaxy Alpha

Spesifikasi Samsung Galaxy Alpha

Samsung Galaxy Alpha rencananya akan mulai dipasarkan di awal bulan September dengan 5 pilihan warna, Charcoal Black, Dazzling White, Frosted Gold, Sleek Silver, dan Scuba Blue (lagi-lagi serupa dengan Galaxy S5). Belum ada informasi mengenai harga dari smartphone terbaru Samsung ini, namun yang pasti ia akan lebih mahal dari Samsung Galaxy S5 yang kini dijual dengan harga Rp 7.999.000.

Samsung (Kembali) Mencontek Apple?

Bila kita melihat tampilan Samsung Galaxy Alpha, tak salah bila kita mengatakan kalau smartphone ini seperti mengikuti desain iPhone, smartphone andalan Apple. Penutup berbahan metal memang sudah sejak lama digunakan Apple untuk iPhone, dan selama itulah Samsung ‘keukeuh’ untuk tetap menggunakan penutup berbahan plastik yang terkesan ‘murahan’.

Samsung Galaxy Alpha 5

Entah disengaja atau tidak, peluncuran Samsung Galaxy Alpha ini terjadi setelah Samsung mengumumkan kalau keuntungan mereka menurun sepanjang tahun ini. Dan bukan kebetulan juga, kalau dalam beberapa minggu ke depan Apple juga akan meluncurkan smartphone terbaru yang diramalkan akan menguasai pasar smartphone kelas atas, iPhone 6. Alasan-alasan di atas sepertinya sudah cukup untuk menarik kesimpulan kalau Samsung memang sedang ‘mencontek’ Apple agar bisa tetap eksis di pasar smartphone dunia. Benar atau tidak, hanya Samsung yang tahu.

Samsung Galaxy Alpha 2

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

1 Response

  1. Yunda says:

    sebenernya oke sih desain bodi dan speknya, tapi sayang banget resolusi kameranya jomplang. kamera belakang lumayan tapi kamera depan cuma 2 MP, nanggung sih, mending cari yang lain yang kamera depannya 5 MP atau lebih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>