Samsung Android di Masa Depan

Tahun 2012 sebentar lagi usai, dan 2013 akan segera menjelang. Teknologi dan bisnis, termasuk Android, juga turut berkembang. Namun, tak layak rasanya kalau kita membicarakan masa depan Android di tahun 2013 tanpa menyinggung produsen teratas di ranah Android, Samsung. Bahkan, tahun ini, Samsung tak hanya menjadi yang terdepan di kategori smartphone Android, namun juga untuk kategori seluruh handphone, mengalahkan pesaing utamanya, Nokia dan Apple. Kunci keberhasilan mereka, adalah peluncuran Galaxy S III di bulan Mei dan Galaxy Note II di bulan Agustus silam yang laku keras di pasaran.

Lalu bagaimana dengan tahun 2013?

The Korea Times, mengatakan kalau Samsung akan memproduksi 510 Juta handphone sepanjang tahun 2013 besok, yang terdiri dari 390 Juta smartphone dan 210 Juta feature phone (handphone biasa dengan harga yang lebih terjangkau). Dari 390 Juta smartphone tersebut, mayoritasnya akan diisi oleh Android, dengan hanya beberapa juta-nya akan diproduksi dengan platform lain seperti Windows Phone 8, dan sebagainya. Angka yang fantastis bukan?

Namun, Gartner, sebuah firma terkenal, mengatakan kalau Samsung hanya akan bisa menjual sekitar 250 hingga 300 Juta smartphone tahun depan. Mereka mendasarkan pernyataan ini pada perkembangan penjualan Samsung yang tidak pernah melonjak tajam selama 4 tahun terakhir. Penelitian Gartner ini memang belum memasukkan Galaxy S IV ke dalam daftar penjualan, namun apakah ia nanti bisa mencapai kesuksesan melebihi ketenaran Galaxy S III saat ini? Tak ada yang bisa menjamin.

Sampai akhir Q3 kemarin, Samsung baru menjual 288 Juta produk, dari prediksi penjualan sebanyak 420 Juta produk. Cukup jauh memang, tapi tidak ada yang mustahil. Sampai saat ini kita hanya bisa menunggu laporan keuangan di akhir tahun nanti apakah ia memenuhi harapan Samsung tahun ini atau tidak, dan apakah tahun depan masih akan menjadi milik Samsung. Ingat, bila Samsung gagal, masih ada HTC, Motorola, Sony, dan LG yang akan berusaha merebut posisi puncak di jagad smartphone dunia dari produsen asal Korea tersebut.

Kita tunggu saja …

 

Sumber Gambar : gsmnation.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>