Samsung Akan Membuka Pabrik di Indonesia. Benarkah?

Samsung Factory

Sebuah pengumuman penting dikemukakan oleh perusahaan smartphone ternama asal Korea Selatan, Samsung. Mereka mengatakan kalau dalam waktu dekat, mereka akan membuat pabrik smartphone di Indonesia.

“Kami telah berdiskusi dengan pemerintah Indonesia tentang sebuah rencana untuk memproduksi ponsel di Indonesia. Kami berharap dengan dibangunnya pabrik ponsel di Indonesia, kebutuhan ponsel di negara ini akan bisa dipenuhi dengan lebih efektif.”

Begitulah kata-kata yang disampaikan oleh Samsung lewat sebuah email kepada Reuters. Hal ini juga dikuatkan oleh Budi Darmadi, Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi di Kementerian Perindustrian, yang mengatakan kalau Samsung akan membuat sebuah pabrik ponsel di provinsi Jawa Barat. Menurut Darmadi, pabrik tersebut akan mempunyai kapasitas produksi 100.000 unit ponsel per bulan di awal produksinya. Angka tersebut akan ditingkatkan hingga menjadi  900.000 unit per bulan. Namun masalahnya, apakah hal ini benar-benar akan menjadi kenyataan?

Samsung Yang Suka Berbohong

Samsung dikenal sebagai produsen yang suka berbohong. Mereka pernah mengungkapkan rencana yang sama, untuk membuat pabrik di Indonesia, pada bulan September 2012, dan ternyata gagal menjadi kenyataan. Samsung kembali melakukan pengumuman yang sama pada bulan Februari 2013, dan lagi-lagi mereka hanya memberikan harapan kosong. Haruskah kita mempercayainya kali ini?

Indonesia Merupakan Pasar yang Menjanjikan

Sudah bukan rahasia lagi kalau masyarakat Indonesia begitu gemar berbelanja. Karena itulah Indonesia merupakan pasar yang menjanjikan untuk perusahaan-perusahaan teknologi asing. Beberapa perusahaan teknologi terkenal seperti Google, Facebook, dan Apple telah membuat kantor di Indonesia. Untuk bisnis smartphone, para produsen asal negeri China seperti Huawei, Oppo, dan (yang terbaru) Xiaomi sudah menginvasi negara dengan ribuan pulau ini. Tak lupa, di dalam negeri sendiri pun juga ada beberapa perusahaan smartphone seperti Smartfren, Mito, dan Advan.

Hal ini tentu diketahui oleh Samsung, dan mereka juga tahu kalau masyarakat Indonesia pasti akan lebih senang untuk membeli ponsel yang diproduksi di negara mereka sendiri. Karena itulah Samsung berkali-kali menjanjikan untuk membangun pabrik di Indonesia. Semoga hal itu (kali ini) benar menjadi kenyataan. Karena kalau tidak, maka Samsung akan makin dikenal sebagai pembual besar.

Mungkin hal itu terpaksa mereka lakukan karena mereka kini tengah berada di ambang kemunduran.

Read in English : Samsung Rumored to Open a Factory in Indonesia

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>