Sambut Octa-Core Sejati Pertama Di Dunia – Mediatek 6592

Octa Core MediatekHari ini adalah hari bersejarah bagi pabrikan prosesor asal taiwan. Pasalnya perusahaan yang sejak 2 tahun terakhir ini naik daun berkat prosesor murah meriahnya tengah meluncurkan prosesor berinti delapan sejati pertama di dunia!

Awal tahun ini Samsung memang telah meluncurkan seri octa-core yang menggunakan teknologi ARM big.LITTLE.architecture, namun perangkat yang telah dibenamkan di seri flagship Samsung ini rupanya belum merupakan octa-core sejati. Hal ini dikarenakan ke-delapan prosesor tersebut tidak dapat bekerja sekaligus dalam satu waktu. Tidak sampai satu tahun kemudian, MediaTek berhasil meluncurkan sebuah prosesor berotak delapan yang mampu menjalankan semua intinya dalam satu waktu. Itulah mengapa mereka menyebut seri MT6592 sebagai prosesor octa-core sejati pertama di dunia.

konfigurasi octa-core

The MT6592 is the world’s first heterogeneous computing SOC with scalable eight-core processing for superior multi-tasking, industry-leading multimedia and excellent performance-per-watt. – MediaTek
MediaTek dalam situs resminya bahkan membandingkan skema true octa-core dengan prosesor octa-core pesaing. Meskipun tidak disebutkan siapa pesaing yang dimaksud, rasa-rasanya Samsung berhak merasa tersindir sembari bersin-bersin.

Dapat kita lihat dalam gambar disamping, MT6592 dapat mengaktifkan ke-delapan core nya secara bersamaan sementara pesaingnya bisa dibilang hanyalah dual-quad-core yang aktif silih berganti.

Selain itu, MediaTek juga mengklaim bahwa prosesor ini memiliki kemampuan grafis yang lebih baik dari pendahulunya. Pemanfaatan energi juga dijanjikan lebih efisien. Serta, yang menjadi nilai jual utama prosesor MediaTek, banderol harga yang miring.

mt6592_features

 

Sedikit Perihal Teknis

MT6592 ini dibangun diatas arsitektur 28nm HPM cortex A7 dengan clock speed mencapai 2Ghz untuk masing-masing core-nya. Soal grafis, si true octa-core ini akan mampu meng-handle display Ultra-HD 4Kx2K. Sebagai pelengkap, MT6592 juga memiliki fitur wi-fi, bluetooth, GPS, serta Miracast untuk screen-sharing.

Lebih lanjut mengenai informasi dan fitur mengenai world’s first true octa-core dapat melipir kemari.

Kapan Masuk Indonesia?

Klasik memang pertanyaan ini. Saat ini vendor asal Cina sedang berlomba mengadopsi prosesor ini untuk diluncurkan di pasar lokal. Beberapa vendor seperti Zopo mungkin akan mengincar pasar internasional. Untuk Indonesia, melihat tren dual-core (MT6577) di 2012 dan quad-core (MT6598) di 2013, adalah prakiraan yang aman apabila kita menganggap di 2014 pasar handphone lokal Indonesia akan dibanjiri dengan perangkat berotak MT6592. Mungkin di kuartal ketiga.

Kita lihat saja.

 

Terima kasih telah membaca.

 

sumber:

disini | disini juga

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>