[Rumor] MIUI 7, Sistem Operasi Terbaru Xiaomi Siap Diluncurkan

Xiaomi 1

Tak ada yang menyangkal apabila dikatakan kalau Xiaomi adalah produsen smartphone nomor 1 di Tiongkok saat ini. Xiaomi bahkan tidak hanya membuat smartphone, seperti yang pernah kami ceritakan sebelumnya, mereka juga membuat TV, action camera, hingga timbangan. Xiaomi seperti sadar kalau mereka tidak boleh merasa cukup dengan kesuksesan di bisnis smartphone saja, dan harus bergerak ke dunia yang lebih luas, yaitu Internet of Things (IoT). IoT adalah sebuah konsep di mana semua barang yang ada di kehidupan kita akan mempunyai koneksi internet, sehingga bisa diakses di mana pun kita berada. Salah seorang pembaca kami juga mengakui, kalau Xiaomi saat ini sudah tidak menjual gadget saja, tapi mereka menjual gaya hidup yang mengarah ke Internet of Things.

Untuk perangkat smartphone sendiri, Xiaomi tidak hanya membuat hardwarenya saja, tapi juga membuat sistem operasi yang akan digunakan. Mereka mengembangkan sebuah sistem operasi berbasis Android yang disebut dengan MIUI. Penjelasan lebih jelas tentang MIUI, sudah pernah kami ceritakan di artikel berikut. Sekarang, MIUI sudah menginjak versi ke 6, dan dalam waktu dekat akan meningkat lagi ke versi 7. Tapi kapan?

MIUI 7 Siap Diluncurkan, Menyusul Telah Munculnya Android 5.1

MIUI 6 sebenarnya dibuat berdasarkan versi terbaru Android waktu itu, yaitu Android 5.0 Lollipop. Saat ini, Google telah mengembangkan kembali sistem operasi Android tersebut menjadi Android 5.1. Karena itu, dapat dipastikan kalau Xiaomi juga akan memperbarui sistem operasi mereka sesuai dengan perkembangan Android tersebut. Sebuah rumor menyebutkan kalau MIUI versi 7 akan dirilis pada tanggal 16 Agustus 2015, tanggal yang sama dengan peluncuran MIUI 6 tahun lalu (16 Agustus 2014). Namun sejauh ini, belum ada konfirmasi dari Xiaomi sehubungan dengan tanggal tersebut.

Dapat dipastikan kalau MIUI 7 akan mengadaptasi fitur-fitur baru yang ada di Android 5.1 Lollipop. Namun fitur mana yang akan diambil oleh MIUI 7 juga masih belum jelas, karena MIUI sendiri memang sangat berbeda dengan sistem operasi Android yang menjadi referensi mereka. Device Xiaomi selanjutnya, yaitu Mi 5, Mi 5 Plus, dan versi selanjutnya dari Mi Note kemungkinan akan langsung menggunakan sistem operasi terbaru ini. Bila benar adanya, maka nama besar Xiaomi sebagai produsen yang ‘rajin’ memberikan update software atau sistem operasi, akan semakin terkenal saja.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>