Rumor Lanjutan – Google + Motorola = Google X

Akhir 2012, redaksi kami mengangkat sebuah berita mengenai proyek kerjasama Google dengan Motorola yang disebut X Phone. Baru-baru ini berhembus kabar yang tidak hanya mengkonfirmasi, namun juga menunjukan screenshoot dari hasil benchmark perangkat genggam tersebut melalui aplikasi antutu.


X Phone bukan nama yang terlalu menarik, mungkin itu sebabnya isu yang beredar mengimplikasikan buah cinta antara Google dengan Motorola ini akan bernama “Google X”. Sedikit berita yang dapat dikabarkan mengenai perangkat ini kecuali sistem operasi yang akan digunakan, yaitu android 5.0 – Key Lime Pie. Disinyalir, Google X menjadi salah satu, jika bukan yang pertama, perangkat pengadopsi awal Key Lime Pie.

Dari hasil screenshot diatas, bisa dilihat bahwa Google X tidak hanya mengadopsi android 5.0.1, namun juga memiliki skor antutu sebesar 15.479. Bukan hasil yang impresif mengingat Galaxy S IV mampu melampaui angka 20.000. Banyak yang berpendapat bahwa perangkat ini menjadi salah satu perangkat “ekonomis” dari Google layaknya seri nexus 4 dan 7, namun melihat vendor yang digandengnya adalah Motorola, dan vendor tersebut tidak dikenal sebagai vendor yang “murah hati” dalam menetapkan harga perangkatnya, agaknya hal tersebut menjadi sedikit aneh.

Terlepas dari kejanggalan tersebut, keputusan Google (jika memang benar) untuk menanamkan Key Lime Pie pada Google X yang akan diluncurkan dalam jangka waktu dekat juga cukup janggal. Pasalnya penetrasi Jelly Bean sendiri masih belum begitu luas. Pergantian versi sistem operasi yang begitu cepat memang dapat menguntungkan Google untuk memancing para gadget freaks segera meng-upgrade perangkatnya, namun hal ini bisa juga menyulitkan vendor karena rata-rata vendor (bahkan hampir semuanya) melakukan kustomisasi terhadap sistem operasi android dalam perangkatnya. Belum lagi tuntutan konsumen atas peng-update-an sistem operasi perangkat-perangkat flagship.

Satu tanda tanya lagi, apabila Google X ini menjadi perangkat flagship bagi Google, lalu apa yang terjadi dengan seri Nexus? Bukankah Google juga yang mensponsori seri Nexus ini? Mungkinkah ada perbedaan yang cukup signifikan antara seri Nexus dengan Google X? Dalam hal harga mungkin, atau segmen pasar, atau form factor, atau.. ah sudahlah, jadinya lebih dari satu tanda tanya deh…
Well, masih banyak kemungkinan yang terjadi selama belum ada pengumuman resmi dari pihak berwajib (Google dan/atau Motorola). Bisa jadi screenshot tersebut hanyalah hasil editan Photoshop sahaja. Kita tunggu saja hasil even Google I/O bulan mei mendatang.

 

 

Sumber berita – Gambar via

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>