Ripplrz, Bukan Hackathon Biasa

Ripplrz

Hackathon mempunyai format standard yang berlaku di seluruh dunia, para programmer dibagi menjadi beberapa tim, dan harus menyelesaikan sebuah aplikasi software dalam waktu 24-48 jam non stop. Di akhir event, para tim tersebut akan mempresentasikan aplikasi buatan mereka di depan panelis. Itu adalah Hackathon biasa, dan Ripplrz sangat berbeda dengan itu.

Ripplrz adalah sebuah konferensi teknologi baru di Manila, Filipina. Ripplrz juga mengadakan Hackathon, tapi para pesertanya hampir tak perlu menyentuh komputer atau laptop. Bagaimana bisa Hackathon tanpa komputer? Bisa, karena di Ripplrz para peserta hanya perlu bekerja non-stop untuk membuat sebuah rencana bisnis, bukan sebuah aplikasi. Menurut mereka, sebuah aplikasi akan bisa dibuat kemudian, asalkan mereka sudah mempunyai rencana bisnis yang jelas. Acara presentasi di akhir event juga tidak diisi dengan presentasi program, melainkan presentasi rencana bisnis.

Diego Jose Ramos, pembuat Ripplrz, mengatakan kalau Ripplrz mempunyai fokus untuk mempertemukan generasi muda yang punya semangat membuat startup dengan para pebisnis profesional yang telah punya banyak pengalaman. Para peserta nantinya akan dipandu oleh para entreprenuer berpengalaman yang berasal dari Silicon Valley dan Asia. Diego Jose yang juga merupakan pendiri Tech Jobs Asia menambahkan kalau pertemuan itu bisa memunculkan sebuah ide bisnis yang tak hanya kreatif, tapi juga bisa memberi keuntungan besar.

Ripplrz berharap kalau acara mereka bisa berjalan setiap bulan di Manila. Bahkan mereka juga berencana untuk mengadakan event serupa di kota-kota lain di Asia. Kapan di Indonesia?

Sumber Gambar : webgeek.ph


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>