Resident Evil : Myspace-iation

Bulan ini kita kembali mendapat kabar mengejutkan. Setelah sebelumnya kita mendengar berita tentang kembalinya Friendster, kini muncul lagi kabar tentang kebangkitan sang mantan raksasa Sosial Media, Myspace! (kali ini dengan ‘s’ kecil) Sempat dianggap sudah mati, bahkan sampai menjadi sebuah anekdot untuk menunjukkan kepunahan, Myspace yang kini telah dibeli oleh Specific Media (diwakili oleh Tim & Chris Vanderhook) seolah kembali lahir dengan wajah yang baru.

Beberapa dari kalian mungkin belum cukup dewasa untuk mengenal Myspace di masa kejayaannya. Myspace, yang dibangun oleh Tom Anderson dan Chris DeWolfe pada tahun 2003, adalah pelopor sosial media di jagad dunia maya. Ia adalah inspirasi bagi lahirnya Friendster dan Facebook, tapi akhirnya dua aplikasi itu jugalah yang kemudian mematikan Myspace. Puncaknya, ketika masuk ke dalam daftar 5 Website Terburuk versi Majalah Time di tahun 2007, Myspace sudah dalam proses menggali kuburnya sendiri. NewsCorp, pemilik Myspace waktu itu, akhirnya menjual Myspace kepada Specific Media pada bulan Juni 2011 ‘hanya’ dengan harga 35 Juta Dollar.

Kini, Specific Media berusaha merubah semuanya … Pertama-tama, mereka harus mengembalikan imej Myspace !!

New Myspace

Diawali dengan merekrut seorang Justin Timberlake untuk ikut bekerja sama, Vanderhook bersaudara mencoba untuk memfokuskan Myspace pada potensi terbesarnya, MUSIK. Mereka merancang ulang Myspace agar menjadi sosial media yang spesifik untuk para music composer. Dengan tampilan baru yang lebih menarik, Myspace mencoba menyediakan fasilitas bagi para musisi untuk berbagi file musik mereka dengan harapan akan ada promotor atau perusahaan rekaman yang mendengarnya. Sebaliknya, para musisi tersebut juga bisa melihat siapa saja yang telah mendengar musik mereka, dan di mana lokasi mereka mendengarnya.

Kehadiran Justin Timberlake sendiri menimbulkan rasa penasaran. Untuk apa Justin ikut ambil bagian di website yang bisa dikatakan sudah mati ini? Walau telah mati, Myspace tetap mempunyai nilai, dan sosok Justin diharapkan bisa mengangkat nilai tersebut. Sampai saat ini Myspace masih mempunyai 28 juta pengunjung / bulan, jauh di bawah Facebook memang, tapi masih di atas Pandora dan Spotify.

Saat ini New Myspace masih dalam fase Beta, setahap lagi sebelum peluncuran resminya, namun kita bisa meminta undangan agar bisa mencoba New Myspace itu. Dengan membuat kode program baru setiap hari serta merubah fitur-fitur kecil, Myspace mencoba untuk terus berbenah dan menyesuaikan diri dengan para pengguna yang masih setia menunggu mereka.

Bisakah Myspace kembali menjadi sosial media papan atas? Kita lihat saja …

 

 

Sumber Gambar : designbyproxy.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>