Rencana dan Fitur Windows 9 yang Sudah Diketahui

Windows 9 A

Saat Microsoft mengenalkan Windows 8 di tahun 2012, hal tersebut membuat perubahan besar bagi Microsoft khususnya, dalam produksi sistem operasinya. Berbeda dari sistem operasi mereka sebelumnya, Windows 8 dapat difungsikan di berbagai gadget seperti laptop, tablet, dan perangkat hybrid dengan cara memangkas banyak fitur seperti tema windows klasik, start menu, dan menambahkan user interface terbaru mereka yang bergaya kotak-kotak atau biasa disebut Metro UI. Dengan fitur seperti itu, Microsoft berharap bisa memberikan kesan berbeda kepada pengguna bagaimana cara mereka berinteraksi dengan Windows.

Namun hal tersebut masih membuat Windows 8 tidak sesuai ekspektasi Microsoft. Bahkan saat ada update ke Windows 8.1, ternyata hal itu masih belum bisa membuat Microsoft menangani masalah-masalah yang ada pada Windows 8. Kabar terbaru malah menyebutkan kalau Microsoft sedang membuat versi OS terbaru, yaitu Windows 9.

Saat berita ini diterbitkan, masih belum banyak sumber yang mengulas mengenai Windows 9. Namun sejauh ini, di bawah ini adalah rumor yang berhasil kami dapatkan.

Windows 9 akan Kembali Menggunakan Start-Menu (Mini Start-Menu)

Sejak pertama kali Windows diluncurkan, start-menu merupakan ciri khas atau identitas dari sistem operasi besutan Microsoft ini. Anehnya, pada Windows 8 fitur ini dihilangkan. Hal ini yang rencananya akan diperbaiki pada Windows 9 yang akan datang.

Start-menu pada Windows 9 diberi nama Mini Start-Menu. Start menu pada Windows 9 akan digabungkan dengan gaya kotak-kotak dari Windows 8. Kami juga telah mengulas mengenai fitur Start-Menu Windows 9 ini di artikel sebelumnya.

Microsoft akan memberikan nama Windows 9 dengan nama “Treshold”

Microsoft akan memberikan update untuk Windows 9 dengan nama “Treshold”. Pemberian nama Treshold sendiri dipercaya hanya sebagai bagian update kecil daripada Windows 8.1. Namun dari laporan terbaru, Treshold diindikasikan juga merupakan kode nama untuk Windows 9.

Windows 9 akan menyesuaikan dengan perangkat yang anda gunakan

Apabila kita menjalankan Windows 9 pada tablet atau perangkat hybrid (perangkat yang bisa berfungsi sebagai tablet maupun laptop) seperti Microsoft Surface, Windows 9 akan mendukung penggantian mode antara mode kotak-kotak ataupun mode desktop standar. Informasi terkait fitur ini masih belum terlalu jelas, terutama apakah fitur ini juga akan tersedia untuk perangkat yang tidak memiliki touchscreen seperti komputer/desktop.

Satu App Store untuk semua platform Windows

Microsoft telah melaporkan bahwa mereka berencana untuk menghubungkan berbagai platform yang mereka miliki seperti Windows Phone, Windows 8, dan Xbox. Bagian dari integrasi ini memungkinkan untuk merilis satu app store (toko aplikasi) untuk semua platform tersebut. Saat ini, Microsoft masih memisahkan app store untuk aplikasi Windows Phone dan Windows 8.1/Windows 8.1 RT.

Tidak akan keluar hingga tahun 2015

Windows 9 kemungkinan besar akan dirilis pada pertengahan 2015. Sebuah dokumen bocoran dipublikasikan oleh sebuah blog teknologi Myce, yang mengindikasikan release preview untuk Windows 9 dan Windows Phone 9 akan diluncurkan antara kuartal dua dan kuartal tiga 2015. Versi release preview adalah sebuah rilis produk yang hampir jadi, namun sudah bisa dicoba oleh masyarakat sebelum versi resmi tiba. Sebelumnya, dokumen bocoran dari Myce dengan kerja sama Thurrot juga menyebutkan, kita akan melihat Windows 9 pada musim semi 2015.

Penasaran bagaimana bentuk Windows 9 nantinya? Terus simak berita-berita di Aitinesia untuk info selanjutnya.

Sumber: BusinessInsider

Nafi Putrawan

Has great passion in the graphic design field and loves to share anything about technopreneur, data literacy, digital record (archiving), or things referring to libraries. Currently innovating and developing HXC+ with my small team. A student of Management of Information Document, UI. Enjoys freshly juiced fruits.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

1 Response

  1. Roby says:

    Jadinya windows 10 ya bukan windows 9.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>