Ray Tomlinson, Penemu Surel Meninggal Dunia pada Usia 74

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 5 Maret 2016, dunia ditinggalkan seorang jenius di bidang teknologi informasi.

 

Adalah Ray Tomlinson, penemu program surat elektronik yang sekarang lazim kita gunakan sehari-hari. Tomlinson mulai menggunakan sistem surel pada tahun 1971 yang berjalan pada ARPANET yang kelak berkembang menjadi internet. Sebelum dikembangkan oleh Tomlinson, surel hanya dapat berjalan pada satu komputer yang sama. Pengirim dan penerima akan sama-sama menggunakan satu komputer dalam waktu yang berbeda. Inovasi yang diciptakan oleh Tomlinson adalah penambahan tanda @ untuk memisahkan nama pengguna dengan nama mesin yang mereka pakai, skema yang sampai sekarang masih bertahan. Sejak saat itu, nama Tomlinson harum sebagai penemu dari sistem surel.

 

Tomlinson mengambil gelar sarjana pada jurusan Teknik Elektro di Rensselaer Polytechnic Institute. Saat berkuliah di RPI, Tomlinson sempat ikut pada program kerja sama antara kampusnya dengan IBM. Dia lulus dari RPI pada tahun 1963. Setelah lulus dari RPI, Tomlinson melanjutkan pendidikannya di MIT. Gelar masternya diraih pada tahun 1965 setelah mengembangkan synthesizer hibrid digital analog untuk kemampuan berbicara.

 

Tahun 1967, dia bergabung dengan perusahaan Bolt, Beranek and Newman di mana dia terlibat dalam pengembangan sistem operasi TENEX termasuk ARPANET Network Control Program. Tomlinson menulis program bernama CPYNET untuk mengirimkan berkas di jaringan ARPANET. Dia kemudian diminta untuk mengubah program bernama SNDMSG, yang berfungsi untuk mengirimkan pesan kepada pengguna lain pada komputer yang dipakai bersama-sama untuk bisa berjalan di TENEX. Dengan menambahkan kode-kode dari CPYNET ke SNDMSG sehingga dapat mengirimkan pesan ke komputer lain, dan sejak itu lahirlah surel.

 

Surel pertama yang dikirimkan Tomlinson untuk melakukan pengujian tidak dilestarikan. Tomlinson sendiri mengatakan surel tersebut tidak begitu penting, hanya berisi sesuatu seperti QWERTYUIOP, dan dia sudah tidak ingat lagi apa tepatnya isi pesan ujicoba tersebut.

 

Tomlinson meninggal di rumahnya di Massachusetts pada tanggal 5 Maret 2016, diduga karena serangan jantung.

 

Surel di Masa Kini

 

Jumlah pengguna surel berdasarkan laporan dari Radicati, tercatat ada sekitar 2,586 juta pengguna yang memiliki sekitar 4,353 juta akun atau rata-rata setiap pengguna mempunyai 1,7 akun. Diperkirakan, dengan pertumbuhan akun sebesar 7% per tahunnya, pada 2019 akan terdapat 5,594 juta akun di seluruh dunia.

radicati

Dari laporan yang sama, diketahui lalu lintas surel per harinya pada tahun 2015 mencapai 205,6 milyar.

radicati2

Saat ini, salah satu permasalahan yang sering mengganggu pada surel adalah pemanfaatan surel untuk mengirimkan informasi-informasi tidak berguna atau spam maupun pengiriman tautan yang akan menggiring kita ke laman yang mengunduh program berbahaya dan mengganggu seperti virus dan malware.

 

Selamat jalan Ray Tomlinson, semoga semakin banyak manusia yang dapat memanfaatkan temuan anda. Terima kasih.

Nawir

Seorang pembaca buku, pecinta alam semesta, penyuka filsafat, penonton film.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>