Rahasia di Balik Teknologi TV 4K


Samsung SUHD TV 4K

Sepertinya masih jelas teringat, berbagai nama teknologi resolusi layar seperti PAL, NTSC, dan High Definition (HD). Yup, mereka adalah istilah yang sering kita dengar untuk menandai teknologi resolusi dari sebuah layar televisi. Namun, karena perkembangan teknologi yang begitu cepat, nama-nama tersebut kini kian hilang dan tergantikan oleh teknologi yang lebih baru, yaitu teknologi 4K. Walau begitu, sepertinya masih banyak masyarakat yang belum sempet berkenalan hingga akhirnya mengetahui apa manfaat dari teknologi 4K ini.

Apa Itu TV 4K?

Gambaran singkat 4K adalah teknologi yang memungkinkan sebuah layar televisi untuk mempunyai lebih banyak titik warna atau piksel. Bila di teknologi High Definition (HD) sebuah televisi hanya bisa mempunyai 2 juta piksel, maka dengan 4K, perangkat ini bisa mempunyai 8 Juta Piksel.

Apa artinya? Anda bisa mendapatkan tampilan yang lebih tajam dan nyata apabila menggunakan televisi yang berbasis teknologi 4K. Tak heran, 4K pun menjadi istilah yang paling ‘panas’ untuk dibahas oleh para penggila teknologi saat ini.

Sejarah Televisi 4K

Istilah-istilah resolusi layar yang diebutkan di atas sebenarnya tak hanya digunakan untuk perangkat televisi saja, namun juga untuk beragam perangkat lain yang mempunyai layar, seperti monitor PC dan smartphone. Sebagai sumber hiburan utama bagi keluarga, kehadiran teknologi terbaik untuk televisi tentu mutlak adanya. Oleh karena itu, perkembangan teknologi tersebut paling terlihat jelas jika kita membandingkan di perangkat televisi.

Teknologi 4K sendiri bermula pada tahun 2003, ketika Dalsa Corporation membuat kamera 4K pertama yang dijual bebas untuk kepentingan pembuatan video. Namun, selama tujuh tahun, ini masih belum bisa berbicara banyak di bawah bayang-bayang teknologi High Definition (HD), yang dianggap masih cukup menampilkan gambar di berbagai perangkat. Belum banyaknya perangkat yang mendukung, serta ukuran file yang sangat besar, menjadi faktor yang menghambat perkembangan teknologi 4K.

Seiring berjalannya waktu, teknologi HD pun dianggap tidak cukup lagi untuk memenuhi ambisi masyarakat yang menginginkan tampilan gambar lebih tajam, kaya warna, dan nyata. Pada saat yang sama, perkembangan teknologi pun sudah bisa melakukan kompresi yang baik terhadap file berbasis teknologi 4K. Sehingga, penyebaran file tersebut pun bisa jadi lebih mudah.

Titik balik perkembangan teknologi 4K terjadi ketika YouTube mulai menerima file berbasis 4K pada 2010. Sejak itu, nama 4K semakin dikenal, dan kerap diimplementasikan di berbagai perangkat.

Selanjutnya, bagaikan bola salju, semua pihak berlomba menerapkan teknologi ini. Pada 2011, bioskop mulai menampilkan film berbasis 4K. Proyektor untuk home theater yang telah memanfaatkan teknologi 4K pun hadir di 2012. Dua tahun berselang, Netflix, penyedia layanan streaming online populer asal Amerika Serikat, membuat tayangan terbaik mereka, seperti House of Cards dan Breaking Bad dengan teknologi 4K.

Haruskah Membeli Perangkat 4K Sekarang?

Bila kita melihat begitu banyaknya penyedia konten video berbasis 4K, maka jawabannya adalah ‘ya’. Dengan teknologi 4K, film dan serial TV akan tampak lebih menegangkan dan tayangan olah raga akan terlihat lebih nyata. Hampir semua film sudah dibuatkan versi 4K-nya, termasuk film Star Wars: The Force Awakens yang akan diluncurkan pada bulan Desember nanti. Bahkan, pengalaman memainkan game dengan perangkat 4K pun bisa memberikan sensasi yang lebih menghebohkan. Saat ini, sudah cukup banyak game yang mendukung teknologi 4K, seperti The Witcher 3, Call of Duty: Advance Warfare, dan game terbaru Tomb Raider.

Samsung SUHD TV 4K

Tentu, tidak ada seorang pun yang ingin melewatkan kesempatan tersebut. Apalagi, kini perangkat yang mendukung teknologi 4K sudah dijual dengan harga terjangkau. Maka, tahun ini menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk menikmati tayangan 4K yang sudah jauh lebih baik dari pendahulunya.

Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung, pun hadir dengan televisi SUHD JS7200 yang mampu memenuhi kebutuhan Anda dalam menikmati konten berkualitas. Terima kasih kepada teknologi Nano Crystal Colour yang digunakan oleh Samsung dalam perangkat ini, yang memungkinkan kita untuk bisa melihat lebih banyak warna dibanding yang biasa kita lihat di perangkat televisi biasa. Perpaduannya dengan teknologi 4K yang tengah booming saat ini, membuat televisi SUHD JS7200 bisa menghadirkan gambar yang begitu dekat dengan kenyataan.

SUHD JS7200 pun juga memperhatikan unsur estetika. Desainnya yang ringkas dan cantik membuatnya bisa ditempatkan di berbagai ukuran ruangan. Jadi, tidak perlu khawatir televisi ini menghabiskan space di ruang keluarga atau kamar. Dengan berbagai teknologi canggih dan efisiensi yang ditawarkan, apalagi yang Anda pertimbangkan dalam membeli televisi 4K?

Artikel ini hasil kerja sama Aitinesia dengan Samsung SUHD JS7200

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>