QuizUp, Game Tebak-Tebakan Terbesar di Dunia

QuizUp

Di tengah menyebarnya game-gama dengan strategi yang rumit, permainan sederhana seperti game tebak-tebakan ternyata tetap banyak diminati. Hal ini dibuktikan oleh Plain Vanilla, sebuah developer game asal Islandia, yang game tebak-tebakan buatannya telah memiliki 20 juta pengguna. Mungkin anda sudah pernah mendengarnya, nama game tersebut adalah QuizUp, yang merupakan game tebak-tebakan terbesar di dunia.

QuizUp merupakan game yang sederhana, di mana ada banyak sekali pertanyaan yang harus kita jawab, dalam berbagai topik menarik yang bisa kita pilih. Di sana kita bisa beradu pengetahuan dengan teman kita dalam menjawab pertanyaan. Namun sayangnya, banyak topik di dalam QuizUp yang sebenarnya hanya menarik untuk pengguna dari Amerika Serikat.

QuizUp mengetahui hal itu dan mulai menambahkan kategori-kategori baru yang lebih ‘bersahabat’ untuk pengguna dari luar Amerika Serikat. Bukan hanya itu, mereka juga menerjemahkan aplikasi mereka ke berbagai bahasa di dunia. Saat ini mereka baru selesai menerjemahkan permainan mereka ke bahasa Jerman, Spanyol, Perancis, dan Portugal. Selanjutnya, mereka juga telah merencanakan membuat QuizUp dalam bahasa Rusia, Turki, Jepang, Korea, dan China. Mungkin sebentar lagi mereka juga akan membuat QuizUp dalam Bahasa Indonesia.

Dari sisi software, QuizUp juga mengalami perubahan. Sebelumnya QuizUp hanya bisa digunakan oleh para pengguna iPhone. Namun sejak 2 bulan yang lalu, Plain Vanilla juga telah membuat aplikasi QuizUp untuk para pengguna iPad dan Android. Hal ini memicu lonjakan pengguna khususnya di luar Amerika Serikat. Bahkan khusus untuk aplikasi Android mereka, QuizUp langsung mendapat tambahan 1 Juta pengguna hanya dalam waktu 1 minggu setelah peluncuran.

Pemandangan dari Kantor Plain Vanilla di Islandia

Pemandangan dari Kantor Plain Vanilla di Islandia

Dengan makin besarnya QuizUp, banyak yang mengira kalau Plain Vanilla akan mencoba mengembangkan kantor mereka ke Amerika Serikat atau kawasan Eropa yang lebih hangat. Sempat ditanyakan kepada Viggo Johnson, Wakil Presiden bidang Pengembangan Bisnis dari Plain Vanilla, apakah mereka ingin memindahkan kantor mereka dari Islandia. Viggo pun menjawab kalau mereka sangat menyukai Islandia, dan akan terus berada di sana untuk mengkoordinir segala aktivitas lokalisasi, pengembangan, serta penambahan konten pertanyaan. Plain Vanilla merupakan satu dari banyak sekali startup yang terus berkembang di kawasan dingin Skandinavia. Seperti yang pernah saya ceritakan sebelumnya, kawasan utara benua Eropa tersebut kini kian hangat, dengan adanya ekosistem startup yang mapan di sana.

Cara bermain QuizUp juga akan saya bahas di serial Intip Aplikasi, jangan sampai kelewatan.

Sumber Gambar : quizup.com


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>